Manasik Haji Daring, Tabungan Kurban Dikumpulkan Lewat Lantatur

Manasik haji secara daring yang digagas MTsN 6 Malang (ist)

BACAMALANG.COM – Kebijakan pembelajaran daring menuntut Madrasah Tsanawiyah Negeri atau MTsN 6 Malang untuk terus berkreasi dan berinovasi.

Salah satu kegiatan yang rutin digelar madrasah yang beralamat di Jalan Raya Sukoraharjo Kepanjen ini adalah manasik haji. Dalam kondisi pandemi seperti saat ini, MTsN 6 Malang harus memutar otak agar kegiatan tersebut tetap terlaksana.

Alhasil, MTsN 6 Malang berkreasi dengan mengadakan manasik haji secara daring dengan tajuk ‘One Student One Manasik’.

Selain manasik haji daring, siswa-siswi MTsN 6 Malang juga mengumpulkan tabungan untuk kurban secara drive thru atau Lantatur — akronim untuk layanan tanpa turun –.

Tabungan itu selanjutnya akan dibelikan hewan kurban yang akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha, Jumat (31/7/2020) nanti.

“Dengan tantangan pandemi kali ini, kita tetap bersinergi mewujudkan rasa syukur, semangat berkurban. Membelajarkan pada siswa untuk menabung, berbagi kepada orang yang membutuhkan. Madrasah senantiasa mendidik jiwa berkorban, wujud cinta pada Allah. Semoga dengan semangat menabung dan berkurban ini siswa menjadi teladan terbaik bagi lingkungan, bangsa dan negara,” kata Kepala MTsN 6 Malang, Dr Sutirjo MPd, Selasa (28/7/2020).

Salah seorang siswi menyerahkan tabungan kurban lewat Lantatur atau drive thru (ist)

Salah satu siswa MTsN 6 Malang, Fajar, menyampaikan bahwa dirinya bersyukur masih bisa mengikuti pembelajaran manasik haji itu.

“Saya sangat senang dan berterima kasih sudah diberikan kesempatan untuk mengikuti manasik haji di madrasah. Bahkan saya juga bisa belajar membuat tabungan Idul kurban,” ucap siswa kelas VIII itu. (mid/yog)