Kampus Santri ala UNISMA, Begini Gambarannya

Foto : Kampus santri ala UNISMA. (ist)

BACAMALANG.COM – Anda akan melihat pemandangan yang tak biasa setiap hari Jumat di Universitas Islam Malang (UNISMA). Betapa tidak, setiap hari tersebut, seluruh civitas akademika diwajibkan mengenakan sarung dan kopiah.

Rektor UNISMA Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si, Jumat (28/8/2020) menandaskan, sebagai kampus terbaik Nahdlatul Ulama (NU) se-Indonesia pihaknya ingin membangun suasana dan atmosfir baru.

“Jumat bersarung menjadi aturan baru di UNISMA yang diterapkan setiap hari Jumat. Bukan Jumat ini saja, tapi setiap hari Jumat seterusnya begini,” terang Maskuri.

Dengan mengenakan sarung berwarna hijau, jas almamater UNISMA, kopiah hitam dan sepatu selop, pimpinan UNISMA memberikan contoh trend baru berpakaian ala UNISMA.

Masuk kampus langsung disambut lantunan ayat-ayat Al-Qur’an. Setiap mahasiswa sebelum memulai pembelajaran, membaca doa bersama. Begitupun dosen, karyawan dan staf.

Aturan memakai sarung ini dimulai dari pimpinan sebagai contoh. Setelah itu, diikuti pula dosen, karyawan staf dan kemudian seluruh mahasiswa.

“Mahasiswa yang belajar di UNISMA memang tidak semua beragama Islam. Untuk menjembatani ini, UNISMA sendiri lebih memilih fleksibel dan memberikan toleransi kepada mereka yang beragama non muslim,” pungkas Maskuri. (*)