Pengabdian Anggota Korem Baladhika Jaya: Darah Tentara Untuk Rakyat

Foto: Kegiatan donor darah bertempat di PMI Kota Malang. (ist)

BACAMALANG.COM – Dalam rangka merayakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-75 tahun 2020, Korem 083/Baladhika Jaya menggelar kegiatan donor darah bertempat di PMI Kota Malang Jl. Buring No.10, Oro-oro Dowo, Kota Malang, Senin (28/9).

Kegiatan donor darah tersebut diikuti oleh Prajuri TNI AD dan PNS serta Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Koorcab Rem 083. Masih dalam masa Pandemi Covid 19, Protokol kesehatan diberlakukan secara ketat oleh petugas PMI. Hal ini terlihat ketika peserta donor Sebelum melakukan donor darah, terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan dasar seperti tensi, pengecekan suhu badan dengan Termhogun, mencuci tangan dan selalu menjaga jarak. Bagi para peserta donor darah yang dinyatakan memenuhi syarat langsung melaksanakan proses pengambilan darah sesuai prosedur yang ditetapkan oleh PMI.


Kasiter korem 083/Bdj Mayor inf Anton Prasetyo, S.E., M.I.P, menjelaskan, bahwa dalam pelaksanaan donor darah ini, Korem 083/Bdj bekerja sama dengan PMI Kota Malang dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan darah di Kota malang.

“Kegiatan donor darah ini merupakan rangkaian kegiatan dari peringatan HUT TNI ke-75 tahun 2020 dengan tujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah, ungkap Kasiter korem 083/Bdj Mayor inf Anton Prasetyo.

Dikatakan, sebanyak 80 orang peserta donor setelah melalui pemeriksaan awal, yang dinyatakan dapat mendonorkan darahnya sebanyak 46 orang, sementara itu 12 orang lainnya tidak memenuhi syarat sebagai pendonor darah.

“Donor darah ini sebagai bentuk kepedulian kemanusiaan Korem 083/Bdj bagi yang membutuhkan darah, karena setetes darah sangat bermanfaat bagi kehidupan. Sebagai anak kandung rakyat, Prajurit TNI akan selalu peka dan peduli dengan rakyat serta terus membangun kebersamaan bersama rakyat sesuai dengan tema kegiatan donor darah dalam rangka HUT TNI ke-75 yaitu Darahku Mengalir Untuk Negeriku,” Kata Anton P. (Lis/red)