Bimtek Sengketa Pilkada, Punggawa BBHAR PDIP Kabupaten Malang Serap Ilmu Baru

Keempat punggawa BBHAR sebelum mengikuti bimtek berpose di depan Sekretariat DPC PDIP Kabupaten Malang (ist)

BACAMALANG.COM – Empat orang punggawa Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat atau BBHAR Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Malang didelegasikan mengikuti Bimbingan Teknis Penanganan Sengketa Pilkada 2020.

Bimtek digagas oleh Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan dan digelar di Wisma Perjuangan, Kota Batu. Bimtek dilaksanakan selama tiga hari, mulai Kamis (26/11/2020) hingga Sabtu (28/11/2020).

Adapun empat orang yang didelegasikan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang diantaranya, Ketua BBHAR Agus Subyantoro SH, kemudian Achmad Hussairi SH, Lukman Hadi Wijaya SH dan Rudi Santoso SH.

Agus yang juga menjabat Ketua Tim Hukum pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Malang, HM Sanusi dan Didik Gatot Subroto alias SANDI, menyampaikan bahwa ada banyak ilmu baru yang diserapnya usai mengikuti bimtek tersebut.

“Banyak ilmu dan pengetahuan yang kami dapat dari kegiatan tersebut. Utamanya bagi anggota BBHAR yang berprofesi sebagai advokat,” kata Agus.

Agus pun berharap, adanya bimtek itu bisa menjadi bekal bagi BBHAR maupun Tim Hukum SANDI apabila terjadi sesuatu hal mengenai sengketa Pilkada nanti.

“Kami berharap dengan adanya bimtek ini bisa menjadi amunisi tambahan dalam menyukseskan event Pilkada serentak 2020 yang diikuti oleh kader PDI Perjuangan,” terang Agus.

Kegiatan bimtek penanganan sengketa Pilkada di Wisma Perjuangan Kota Batu (ist)

Total ada 47 orang yang mengikuti bimtek tersebut. Mereka berasal dari daerah-daerah di Jatim yang juga tengah menjalani tahapan Pilkada.

Tidak tanggung-tanggung, penyelenggara menghadirkan pemateri dari Mahkamah Konstitusi, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, Bawaslu Jatim, KPU Jatim dan Badan Saksi Pemilu Nasional.

Bimtek dibuka oleh Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim, Sri Untari Bisowarno. Selanjutnya ada pembekalan ideologi partai dari Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan, Ahmad Basarah, sebelum kegiatan bimtek ditutup oleh Ketua BBHAR DPD PDI Perjuangan Jatim, IB Nugroho.

Selama bimtek berlangsung, tidak luput untuk penerapan protokol kesehatan ketat. (mid/yog)