Festival Panji Nusantara 2020 Tetap Digelar di Masa Pandemi

Foto: Sanggar Ande-ande Lumut dari Kabupaten Kediri saat tampil dalam Festival Panji Nusantara 2020 di Taman Krida Budaya Jawa Timur, Sabtu (28/11/2020). (ned)

BACAMALANG.COM РFestival Panji Nusantara kembali digelar di tahun ini. Mengambil tema Literasi dan Visualisasi Budaya Panji, acara ini dihelat di Taman Krida Budaya Jawa Timur, 27- 28 November 2020.

Berbeda dengan sebelumnya, festival kali ini diselenggarakan dengan mengedepankan protokol kesehatan ketat. Para pengunjung dan pengisi acara diharuskan mengikuti rangkaian protokol kesehatan mulai pengukuran suhu tubuh hingga rapid tes.

Festival Panji ini menampilkan budaya panji dari Kabupaten Malang, Kota Malang, Kabupaten Kediri, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Blitar, serta kolaborasi Indonesia-Ecuador.

Pagelaran seni tersebut diselenggarakan secara luring namun dengan pengunjung terbatas, karena ditayangkan juga di kanal Youtube.

Selain itu digelar pula pameran di lokasi festival, dan seminar secara daring juga di kanal Youtube dan zoom.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, Dra Zubaidah, MM mengatakan, acara ini sesuai dengan visi dan misi dari Kementerian dalam memajukan kesenian dan melestarikan kebudayaan.

Zubaidah mengapresiasi kerjasama yang baik antara Kementerian, Provinsi dan Daerah Tingkat II, sehingga Festival Panji Nusantara 2020 ini dapat terselenggara dengan baik meski dalam suasana pandemi.

“Semoga para peserta, termasuk para kepala sekolah dan guru-guru kesenian dapat memperoleh dan mengimplementasikan ilmu baru dari kegiatan ini,” harapnya.

Sementara Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kemendikbud Judi Wahjudin mengatakan, penyelenggaraan yang dikemas secara daring ini diharapkan membuat masyarakat luas lebih dapat menikmati. “Serta menambah imun dengan beraktivitas agar tetap sehat di masa pandemi ini,” tandasnya. (ned)