World Tiger Day, Secret Zoo Siapkan Atraksi Harimau Baru

Foto: Atraksi Lorong Harimau di Tiger Land Secret Zoo, Rabu (29/7/2020). (nedi putra aw)

BACAMALANG.COM – World Tiger Day atau Hari Harimau Sedunia jatuh pada hari Rabu, 29 Juli 2020. Kesempatan ini digunakan Batu Secret Zoo-Jatim Park 2, sebagai salah satu lembaga konservasi untuk berkolaborasi dengan Forum HarimauKita dengan menggelar kegiatan istimewa di zona Tiger Land, yakni peresmian exhibit baru berupa Lorong Harimau.

“Lorong ini kita buat agar pengunjung bisa berinteraksi lebih dekat dengan harimau,” ungkap GM Jatim Park 2 Agus Mulyanto di sela peresmian lorong di kawasan Tiger Land, Rabu (29/7/2020).

Agus menambahkan, lorong ini juga sebagai upaya agar gerak si harimau lebih bebas namun tetap aman bagi pengunjung.
Apalagi di lorong ini pengunjung dapat memberi makan harimau dengan didampingi pemandu wisata dari Tiger Land.

“Kita belum menemukan atraksi seperti ini di kebun binatang lain di Indonesia,” paparnya.

Foto: World Tiger Day sebagai ajang kampanye penyelamatan Harimau Sumatera yang statusnya terancam punah. (nedi putra aw)

Namun Agus menegaskan bahwa peringatan Tiger Day ini pada intinya adalah kampanye perlindungan Harimau Sumatra yang saat ini hanya terdapat 600 individu dan statusnya terancam punah.
Batu Secret Zoo-Jatim Park2 berkolaborasi dengan HarimauKita, sebuah lembaga independen masyarakat yg aktif bergerak dalam perlindungan Harimau Sumatra. Forum HarimauKita terlibat aktif dalam mendorong serta memfasilitasi program konservasi harimau di lanskap kritis, pembangunan yang berwawasan konservasi serta proteksi kawasan.

Batu Secret Zoo-Jatim Park2 juga berperan aktif dengan bergabung menjadi bagian dari International Breeding Program (Program Penangkaran International) yang bertujuan untuk menyelamatkan Harimau Sumatra dari kepunahan. Ancaman terbesar penyebab harimau sumatra ini terancam punah adalah perubahan habitat, perburuan liar dan perdagangan.

“Kolaborasi dengan Forum HarimauKita ini, Batu Secret Zoo-Jatim Park2 sebagai upaya menyebarkan awareness tentang kampanye penyelamatan Harimau Sumatra yang terancam punah, karena di sini adalah benteng terakhir dari pelestarian satwa ini,” tandasnya. (ned)