Bertahan 7 bulan Tutup Tanpa PHK, Bioskop Movimax Kembali Beroperasi

Foto: Petugas menyemprot desinfektan pada waktu sebelum maupun jeda penayangan film di bioskop Movimax Dinoyo. (ned)

BACAMALANG.COM – Setelah 7 bulan vakum karena pandemi, bioskop Movimax Dinoyo, Kota Malang, kembali beroperasi mulai Selasa (27/10/2020). Beroperasinya bioskop ini ternyata belum mendapat respon dari masayarakat.

“Banyak faktor yang mempengaruhi, mulai protokol kesehatan, kapasitas hingga film yang ditayangkan,” ungkap pengelola Movimax Malang, Rulya Febrina saat konferensi pers di Movimax Dinoyo, Rabu (28//10/2020).

Rulya mengatakan, bahwa masyarakat tidak perlu khawatir untuk menonton, karena pihaknya sudah mengantongi sertifikat dari Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, sehingga dapat mengoperasionalkan hiburan bioskop.

Rulya mengaku, beroperasinya bioskop ini juga menjadi momen yang mengharukan sekaligus membanggakan. “Selama 7 bulan kami vakum, namun dalam kurun waktu tersebut, syukurlah tidak ada pengurangan karyawan, semuanya tetap kami pekerjakan meski melalui perjuangan berat,” ungkapnya.

Dikatakan Rulya, sejumlah karyawan tetap masuk kerja meski bergiliran, terutama bagian perawatan peralatan serta bagian kebersihan tempat duduk. “Saat sudah ada show sekarang upaya menjaga kebersihan tempat duduk tetap dijalankan sebagai protokol kesehatan. Pembersihan dilakukan dalam setiap pergantian film, selama 30 menit, agar ruangan steril kembali,” paparnya.

Selain itu, imbuhnya, agar bakteri mauoun virus benar-benar hilang. ada semprotan desinfektan, penggunaan air purifier dan pemberian sinar UV. Pengunjung juga harus memakai masker mulai masuk ke ruang pembelian loket hingga saat menonton film, sehingga untuk sementara tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman ke dalamnya.

Bahkan sebelum memperoleh agtau membeli tiket, calon penonton harus mencuci tangan dan disemprot seluaurh tubuhnya dengan nano gun desinfektan. “Terkait show atau jam tayang, masih dalam proses evaluasi, kalau kurang efektif, maka akan dikurangi,” tandasnya. (ned)