Polres Batu Ungkap Kasus Akhir Tahun, Alami Penurunan

Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MH, saat menggelar Konferensi Pers akhir tahun. (Eko).

BACAMALANG – Angka kriminalitas yang ditangani oleh jajaran Polres Batu, diketahui mengalami penurunan cukup signifikan jika dibandingkan dengan tahun lalu, yakni di angka 2 persen.

Pada Tahun 2019, Polres Batu menangangi sedikitnya 288 kasus, sedangkan Tahun 2020 sebanyak 283 kasus, itu pun dengan tingkat penyelesaian perkara mencapai 75 persen.

Hal itu setidaknya seperti yang diungkapkan oleh Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MH pada saat menggelar Konferensi Pers akhir tahun di Mapolres Batu Jalan AP lll, Katjoeng Permadi, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Selasa (29/12/2020).

“Ya, kalau untuk kejahatan konvensional didominasi kasus curat dan curanmor sebanyak 89 kasus, pencurian sebanyak 20 kasus, kasus perlindungan anak 14 kasus dan penganiayaan ringan sebanyak 12 kasus,” kata Catur sapaan akrabnya, di hadapan awak media.

Pada bidang lalu lintas, mantan Kasubdit Siber Ditreskrimsus Polda Jawa Timur ini menyebutkan, bahwa sepanjang Tahun 2020, terjadi sebanyak 190 kecelakaan dengan korban meninggal 24 orang, luka berat 15 dan luka ringan 205 orang.

“Jadi, angka ini turun 25,7 persen jika dibandingkan dengan tahun 2019. Untuk TKP sendiri, meliputi wilayah barat Pujon, Kasembon dan Ngantang, masih mendominasi tingkat angka kecelakaan, yang mana daerah tersebut terkenal dengan spot-spot laka lantas,” papar dia.

Perwira Polisi dengan pangkat dua melati di pundaknya ini menambahkan, bahwa pengungkapan kasus paling banyak terjadi di unit Satresnarkoba.

“Ya, di tahun 2019 Sat Narkoba berhasil mengungkap kasus sebanyak 59 kali dan meningkat di tahun 2020 sebanyak 68 kali, atau naik sebanyak 19,64 persen. Tentu saja ini mengindikasikan, bahwa peredaran narkoba di sekeliling kita masih marak terjadi,” bebernya.

Untuk itu, dalam rangka cipta kondisi Kamtibmas yang kondusif, pihaknya telah melakukan langkah-langkah strategis, diantaranya adalah perang terhadap Narkoba dan peredaran Miras ilegal di wilayah Kota Batu.

“Dalam satu tahun terakhir, Polres Batu telah mengungkap 15 kasus miras dengan barang bukti mencapai ribuan botol miras berbagai merek. Jadi secara umum, situasi dan kondisi Kamtibmas Kota Batu selama kurun waktu tahun 2020 dalam keadaan aman dan kondusif,” tukasnya.

Dalam kesempatan tersebut, masih kata Catur, Polres Batu juga merilis hasil pengungkapan kasus Narkoba dalam bulan Desember 2020.

“Yakni sebanyak 7 orang tersangka berhasil kami amankan, mereka ditangkap di tempat yang berbeda,” pungkas dia. (Eko/zuk).