Berkontribusi Bantu UMKM dan Kuatkan Perekonomian Syariah, Himesya UWIGA Gelar Webinar Nasional

Foto : Webinar nasional Himesya UWIGA Malang. (ist)

BACAMALANG.COM – Selama ini banyak Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) di masyarakat yang mengalami kendala dalam pengembangan usaha. Salah satu kendala tersebut adalah dalam hal keterbatasan finansial yakni kebutuhan akan dana atau modal usaha.

Berkontribusi sharing informasi strategi meningkatkan skill dunia keuangan, memberikan karakteristik serta prinsip sistem keuangan Syariah untuk penguatan perekonomian, serta pengembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang keuangan, Himpunan Mahasiswa Ekonomi Syari’ah (Himesya) Universitas Widyagama Malang menggelar Webinar Nasional dalam rangkaian kegiatan Festival Ekonomi dan Bisnis dalam Dies “Peran Keuangan Syariah Dalam Penguatan Perekonomian Nasional” Sabtu (30/2/2021).

“Kami mengucapkan selamat datang kepada narasumber dan peserta webinar nasional. Kita memiliki kesempatan berbagi informasi mengenai berbagai strategi meningkatkan skill dalam dunia keuangan. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan karakteristik serta prinsip dari sistem keuangan Syariah dalam penguatan perekonomian Nasional serta pengembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang keuangan,” tandas Ketua Pelaksana Alifia Widie Safitri.

Festival Ekonomi dan Bisnis dan Dies ke-50

Seperti diketahui, Himesya menggelar Webinar dalam rangkaian festival ekonomi dan bisnis dan dies natalis ke- 50. Hingga kini, bank syariah berperan penting menjadi agen pembangunan nasional dalam meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pembiayaan modal kerja pada UMKM.

Dalam penyusunan materinya Wakil Rektor 2 Universitas Widyagama Malang Dr. Gunarianto, SE., M.Si., Ak. menggunakan metode penelitian kualitatif eksploratif dengan mengkaji data dan informasi yang berkaitan dengan peran bank syariah terhadap peningkatan ekonomi masyarakat melalui pembiayaan modal kerja pada UMKM.

“Mendongkrak perekonomian secara nasional. Seluruh stakeholder ekonomi syariah dalam mengembangkan keuangan mikro syariah sebagai bagian dari upaya peningkatan inklusifitas keuangan syariah yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” terang Keynote Speech Wakil Rektor 2 Universitas Widyagama Malang Dr. Gunarianto, SE., M.Si., Ak.

Sukses dan Peserta Antusias

Webinar diikuti lebih dari 1000 peserta zoom maupun youtube yang terdiri dari umum, Perguruan tinggi (PNS) tidak hanya dosen dan mahasiswa UWG saja, tetapi banyak peserta dari institusi lain di Malang ataupun luar Malang.

Webinar nasional memanfaatkan media Zoom Online Meeting & Streaming Youtube, diawali pukul 09.35-09.45 WIB, dibuka oleh MC Reni Kurniawati dilanjutkan laporan kegiatan oleh Ketua Pelaksana Alifia Widie Safitri.

Opening statement atau sambutan dilakukan oleh Rektor Universitas Widyagama Malang, Dr. Agus Tugas Sudjianto., ST.,MT. Secara berurutan, dilakukan pemaparan pemateri pertama Choirina Mafilindasari, SPd., MM. selama 15 menit, dilanjutkan pemaparan oleh pemateri I yaitu Sugiarto Kasmuri,SE., M.Ak selama 20 menit.

Selanjutnya pemaparan dari Prof. Drs. Tjiptohadi Sawarjuwono, M.Ec., P.h.d., Ak dan diteruskan diskusi interaktif dipandu moderator dan kedua pemateri selama 30 menit. Pemaparan materi ketiga oleh Didit Ferdyanto, S.H., M.Hum dan dilanjutkan diskusi serta tanya jawab dipandu moderator Choirina Mafilindasari, SPd., MM.

Dalam kesempatan ini, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyagama Malang Dr. Ana Sopanah, SE., M.Si., Ak., CA., CMA turut memberikan apresiasi kepada seluruh peserta Webinar, berharap kegiatan ini bisa memberikan kemanfaatan luas, serta tidak menutup kemungkinan akan diadakan lagi.

“Alhamdulillah kegiatan Webinar ini berlangsung sukses. Kami mengapresiasi semua pihak yang berpartisipasi. Semoga kegiatan ilmiah ini memberikan faedah luas,” tegas Dr. Ana Sopanah, SE., M.Si., Ak., CA., CMA.(had)