Harga Gula Melambung, Mulai Besok Pemkab Malang Operasi Pasar

Aktivitas masyarakat di Pasar Kepanjen (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Pemerintah Kabupaten Malang telah menyiapkan operasi pasar untuk menekan harga gula di pasaran yang melambung tinggi.

Disampaikan Bupati Malang, HM Sanusi, bahwa pihaknya kini tengah merancang skema operasi pasar bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

“Mulai besok kita operasi pasar. Masalah gula itu. Gula ditengarai banyak, makanya kita bekerjasama dengan PG Kebonagung dan Krebet. Sistemnya masih dikoordinasikan oleh Disperindag, itu sistemnya langsung door to door, supaya nanti tidak terjadi kerumunan massa. Mereka beli, terus dikasih kupon, terus ngambilnya di desa. Kita pendistribusiannya lewat kepala desa,” ujar Sanusi, Senin (30/03/2020).

Politisi PDI Perjuangan ini menerangkan, estimasi kebutuhan gula untuk operasi pasar di 33 kecamatan sekitar 66 ton. Dari jumlah tersebut, PG Kebonagung sanggup memenuhi 40 ton.

“Krebet ini masih menyesuaikan, yang jelas Kebonagung 40 ton. Kecamatan kita ada 33, kalau dibagi tiap kecamatan 2 ton, ada 66 ton nanti,” terangnya.

Sanusi juga menyebutkan, dalam operasi pasar kali ini, harga gula dibanderol Rp 12 ribu per kilogram. Seperti diketahui, saat ini harga gula di pasaran sudah berada diatas Rp 18 ribu per kilogram.

“Kita treatment sehingga harga itu standar, kembali ke 12 ribu lagi,” pungkasnya.