Tak Konsisten, Pemkot Batu Adakan Pelantikan Ditengah Himbauan Social Distance

Foto : Suasana pelantikan PLT Kepala Sekolah. (Ar)

BACAMALANG.COM – Acara pelantikan PLT Kepala Sekolah yang diadakan di Pendopo Rumah Dinas pada Senin siang (30/3) menjadi perhatian tersendiri oleh DPRD Kota Batu. Wakil DPRD 1 Nurrochman menerangkan bahwa pihaknya cukup menyayangkan dengan apa yang dilakukan oleh pihak eksekutif karena menyalahi himbauan Social Distance yang dicetuskan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Apalagi himbauan social distance ini sudah dilakukan dan ditaati oleh masyarakat Kota Batu namun kalau pemkot yang melanggar sendiri. Bagaimana jadinya?” terangnya ketika dikonfirmasi wartawan. Ia juga mengungkapkan bahwa seharusnya ada opsi lain yang bisa dilakukan oleh pihak eksekutif jika pelantikan Kepala Sekolah ini memang bersifat mendesak.

Hal tersebut diamini oleh Wakil Ketua 2 DPRD Kota Batu Heli Suyanto yang menjelaskan bahwa kekosongan jabatan Plt yang berlangsung selama 1 tahun lebih seharusnya tidak dilakukan pada hari ini. Oleh sebab itu ia membeberkan bahwa Pemkot Batu terutama Dinas Pendidikan seharusnya lebih tanggap ketika mengetahui adanya kekosongan jabatan.

“Namun kami memang masih belum mendapatkan laporan dari kegiatan tersebut. Kami malah tahu ketika dikonfirmasi ini,” ujar Heli. Tak lupa, ia juga mempertanyakan terkait kapabilitas Pemkot Batu dalam menggunakan teknologi telekonferens untuk tiap-tiap sekolah.

Terpisah, Kabag Humas Pemkot Batu Santi Restuningsasi menjelaskan bahwa pelantikan ini dilakukan karena memang dalam kondisi yang mendesak. “Karena sebentar lagi juga akan ada tahun ajaran baru. Jadi tidak mungkin ijazah ditandatangani oleh Plt Kepala Sekolah,” tuturnya.

Wanita berkacamata itu juga mengatakan bahwa pelantikan yang dilakukan hanya memakan waktu selama 1 jam dan menaati SOP kesehatan yang ada. “Ada 24 Kepala Sekolah yang hadir diantaranya 6 SMP dan 18 SD. Sudah sesuai SOP dengan disemprot cairan disinfektan, penggunaan masker dan Hand sanitizer, serta jarak antara bangku sekitar 1 meter,” tukasnya. (Ar)