Ponpes An Nur 1 Diakui Jadi Model Pesantren Tangguh

ist

BACAMALANG.COM – Pondok Pesantren (Ponpes) An Nur 1 Bululawang Kabupaten Malang merupakan salah satu Model Pesantren Tangguh dan patut menjadi contoh bagi Ponpes lainnya.

Hal ini disampaikan langsung oleh anggota Komisi E DPRD Jatim, Dr. Sri Untari Birowarno MAP, saat berkunjung ke lokasi pada Selasa, 30/6/2020.

Dia menilai Ponpes An Nur 1 Bululawang telah menerapkan standar kesehatan secara ketat. Tak hanya itu, karantina mandiri juga telah diterapkan di Ponpes An Nur itu.

“Saya melihat disini sangat bagus dan patut menjadi contoh bagi pesantren lainnya. Penerapan standart kesehatan yang ketat membuat orang tua merasa nyaman menitipkan putra putrinya untuk belajar di An Nur”, katanya.

Tampak di lokasi Ponpes An Nur, santri juga diberdayakan untuk membuat jamu probiotik bagi santri yang mengambil jurusan tata boga, serta membuat masker bagi jurusan tata busana.

“Saya mendengar langsung pemaparan dari pengasuhnya, bahwa orang tua santri yang meminta agar anak-ananya kembali ke pondok secara bertahap dengan disiplin tinggi,” tutur Sri Untari.

Meski demikian pembelajaran di lembaga pendidikan itu baru diberlakukan untuk pelajaran agama dan pembelajaran kelompok. Sedangkan mata pelajaran untuk pendidikan formal masih belum dilakukan. Hal ini karena pesantren ini menjadi salah satu model pendidikan berbasis karakter.

Sementara itu, pengasuh An Nur 1, KH. Fahrurozi menerangkan, bahwa di lembaganya terdapat beberapa pendidikan sekolah, mulai dari Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA),┬áSMA, SMK, dan ada juga jenjang Ma’had Ali atau perguruan tinggi. (Lis/Red)