Single Khatulistiwa, Cara Malang Dub Foundation Bangkitkan Nasionalisme

Foto: MDF (ist)

BACAMALANG.COM – Ingin membangkitkan semangat nasionalisme, grup band Malang Dub Foundation (MDF) merilis single berjudul Khatulistiwa. Single terbaru di tahun 2020 ini, digarap oleh para personil MDF yakni Angga (drum+sampling), Doris (vocal) dan Sony (guitar) yang featuring dengan Kevin.

Khatulistiwa sendiri menceritakan kekaguman akan Indonesia karena Bhinneka Tunggal Ikanya. Banyak perbedaan tetapi tetap bersatu dan menjadi bangsa yang utuh. Bahwa bangsa ini bangsa besar, yang terdapat banyak perbedaan yang harus Kita hormati satu sama lain,” kata Angga MDF.

Pada lirik khatulistiwa dijabarkan berbagai aspek kekayaan Indonesia, mulai dari hutan, gunung dan samudra serta berbagai macam suku dan budaya, namun tetap satu Indonesia. Lirik ini ditulis oleh Doris dan Kevin selaku vocal featuring.

Selain itu, karya ini juga masuk di kompulasi reggae pandemi 2020. “Semoga karya ini bisa menginspirasi banyak kalangan tua maupun muda. Dapat membangkitkan sisi nasionalisme Kita semua. Dan kedepan kita akn rilis album dan salah 1 lagu ada featuring dengan legend reggae indonesia tegedred,” paparnya.

Untuk diketahui, MDD ini terbentuk pada tahun 2014 dengan member Angga MDF (drum+sampling) dan Koko TF (guitar). Pada awal terbentuk, MDF berfokus pada musik cover lagu-lagu dari Bob marley, Matisyahu dan lainnya.

Namun pada tahun 2015, Koko TF lebih fokus bersama band (Tropical Forest, red.) yang dari awal didirikannya. Setelah itu, MDF sempat vakum dengan project-project lainnya.

Di tahun yang sama, Doris masuk mengisi kekosongan vocal yang selama ini tidak ada. Beberapa single telah diluncurkan dengan bergabungnya Doris sebagai vocal (Lion free 2013, Kesombongan 2017, Cerita pagi 2018, dan Ayah 2019). (had/red)