Cegah Klaster Baru, Unikama Gelar Wisuda Virtual

Wakil Rektor 1 Unikama, Dr. Sudi Dul Aji, M.Si (tengah) saat memberikan penjelasan wisuda virtual Unikama (zuk)

BACAMALANG.COM – Situasi pandemi virus Corona yang belum usai akhirnya membuat Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar wisuda secara virtual.

Wakil Rektor 1 Unikama, Dr. Sudi Dul Aji, M.Si menjelaskan peserta wisuda tahun ini merupakan gabungan dari peserta wisuda periode semester ganjil lalu dan genap.

Gelaran wisuda yang digelar pada Sabtu (31/10/2020) tersebut, ia melanjutkan diikuti oleh 1397 mahasiswa dengan rincian peserta wisuda semester ganjil 2019 sejumlah 595 orang dan semester genap 2020 sejumlah 802 orang, meliputi 20 program studi (prodi), yakni 17 prodi S1 dan 3 prodi S2.

“Karena situasi pandemi, maka pelaksanaan wisuda yang harusnya dilaksanakan periode kemarin itu agak tertunda. Karena pada bulan April mestinya kita laksanakan wisuda tapi kita ditunda, kita jadikan satu pada Oktober,” ujarnya.

Sudi juga menambahkan dengan digelarnya wisuda secara virtual ini diharapkan bisa memutus rantai persebaran virus Corona. Terlebih, saat ini penularan virus Corona semakin meningkat.

“Jadi kami tidak ingin ada klaster baru nanti setelah wisuda,” timbuhnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Wisuda, Dr. Ninik Indawati, M.Pd menjelaskan gelaran wisuda virtual ini merupakan pertama kalinya bagi Unikama.

Perempuan yang akrab disapa Ninik tersebut menjelaskan wisuda tersebut nantinya digelar melalui aplikasi Zoom.

“Karena kita pakai aplikasi Zoom dan kita memakai dua link karena peserta di atas 1.000. Jadi ada link 1 dan link 2,” tuturnya.

Perempuan yang juga dosen Pascasarjana Magister IPS tersebut menambahkan acara wisuda akan dimulai pukul 08.30 hingga 12.00.

Nantinya Ketua Umum PGRI, Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd dan Kepala LLDIKTI Wilayah VII Jatim, Prof. Dr. Ir Suprapto, DEA akan memberikan sambutan dalam prosesi wisuda Unikama tersebut.(zuk)