Satlantas Polres Malang Siapkan Skema Arus Balik Libur Panjang

Kasatlantas Polres Malang, AKP Ady Nugroho saat memberikan keterangan kepada wartawan (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Malang sudah menyiapkan skema untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan arus balik wisatawan dalam libur panjang kali ini.

Kasatlantas Polres Malang, AKP Ady Nugroho mengatakan, setidaknya ada dua fokus utama pengamanan arus lalu lintas akhir pekan ini. Dua titik yang menjadi atensi adalah traffic light dan perlintasan kereta api Karanglo, Kecamatan Singosari.

“Kita antisipasi arus balik. Kita bagi dua, dari arah Kota Malang, di Karanglo, dan perlintasan kereta api itu. Personil akan kita maksimalkan besok dan hari Minggu,” kata Ady, Jumat (30/10/2020).

Ady menambahkan, selama libur panjang ini, jumlah kendaraan yang melintas di Exit Tol Karanglo tercatat antara 150 hingga 200 per menit. Jumlah ini terbilang masih standar, tidak jauh berbeda dari hari-hari biasa.

“Kendaraan masuk kurang lebih sekitar 150 sampai 200 per menit. Durasi libur panjang ini memang ada penurunan,” tambah pria yang pernah menjabat Kasatlantas Polresta Malang Kota.

Terakhir, Ady menyebutkan, ada dua titik wilayah yang rawan timbulnya kepadatan arus lalu lintas. Masing-masing di perlintasan kereta api Karanglo dan Jurang Klampok Bantur.

“Utara itu di perlintasan kereta api Karanglo, karena ada penyempitan jalan disitu, sampai ke Batu. Kalau di Selatan di Jurang Mayit (sebutan lain Jurang Klampok, red) karena ada jembatan yang belum jadi itu dan jalannya belok-belok naik-turun,” Ady mengakhiri. (mid/yog)