Nyaru Aparat, Pria Kedungkandang Rampas Puluhan Handphone

Kapolres Malang menunjukkan barang bukti didampingi Kasat Reskrim, Kasubbag Humas dan Kanit Buser Polres Malang (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Polres Malang meringkus aparat keamanan gadungan yang melakukan pemerasan di 39 tempat di wilayah Kabupaten dan Kota Malang.

Tersangka adalah Ubaidillah warga Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Pria 31 tahun saat melancarkan aksinya mengaku sebagai anggota kepolisian dan Satpol PP.

Ubaidillah berpura-pura melakukan operasi masker kemudian merampas barang berharga milik korbanya.

“Modusnya melakukan patroli, dan mencari korban di pinggir jalan. Dilakukan sebanyak 39 kali, di Kabupaten Malang dan beberapa di Kota Malang,” kata Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar, Rabu (30/12/2020).

Selama menjalankan aksinya, pelaku berhasil menggondol 94 unit handphone dari para korbannya. Ubaidillah pun melakukan aksinya seorang diri.

“Yang bersangkutan pelaku tunggal. Sekarang akhirnya bisa dilakukan penangkapan. Ditemukan beberapa barang bukti, ada sekitar 12 unit handphone. Untuk keseluruhan barang bukti handphone yang dirampas pelaku ada 94 unit. Dia menjual barang hasil curian ke toko handphone di wilayah Gondanglegi,” terang Hendri.

Akibat perbuatannya, Ubaidillah kini harus mendekam di rumah tahanan Mapolres Malang. Dia bakal dijerat Pasal 368 tentang pemerasan disertai ancaman. Adapun ancaman hukumannya maksimal 9 tahun penjara.

“Tersangka ini residivis dengan kejahatan yang sama, pemerasan,” Hendri menutup. (mid/yog)