Daftar Dirut PT. BWR, Sosok Milenial Kota Batu Ini Didukung Kades dan Warga Desa Pesanggrahan

Edo Rabmadhani Murdyan Kusumobroto, dengan didampingi Kades Pesanggrahan Imam Wahyudi, S.Pd, saat tengah menunjukkan tanda terima berkas calon Dirut PT. BWR. (Eko).

BACAMALANG.COM – Pemerintah Kota Batu telah membuka lowongan jabatan sebagai Direktur Utama (Dirut) PT. Batu Wisata Resource (BWR). Seperti diketahui, pendaftaran itu dibuka sejak 9 Maret 2021 dan berakhir pada 31 Maret 2021. Selain itu, batas waktu yang ditentukan pendaftaran pada 31 Maret hingga berakhir pukul 12.00 WIB hari ini.

Sosok kaum muda millenial putra daerah Kota Batu, Edo Rabmadhani Murdyan Kusumobroto (28) juga ikut meramaikan bakal calon Direktur Utama atau Direksi PT. BWR tersebut.

Berbekal keahlian atau skill yang dimiliki dan visi misi, pria kelahiran Maret 1993 ini dengan didampingi Kepala Desa Pesanggrahan beserta warga masyarakat Desa Pesanggrahan ikut mendaftarkan diri.

Kepala Desa Pesanggrahan Imam Wahyudi, S.Pd menyampaikan, bahwa dirinya hadir untuk mengantar berkaitan dengan pendaftaran salah seorang warganya sebagai calon Direktur PT. BWR.

“Kami dari Pemerintah Desa Pesanggrahan, atas nama Kepala Desa Pesanggrahan, mengantarkan warga kami Jalan Samadi No.8, Gang 3, RT.4, RW.11 ini untuk ikut menjadi salah satu peserta didalam pemilihan calon sebagai Direktur PT. BWR di Kota Batu. Hari ini, kami sampai pada titik memberikan berkas pendaftaran. Warga kami atas nama Edo Rabmadhani Murdyan Kusomobroto juga telah menerima berkas sebagai tanda terima,” kata Imam Wahyudi, saat bertemu awak media di lantai 3 Balaikota Among Tani, Pemkot Batu, pada Rabu (31/3/2021) siang.

Dirinya bersama para warga masyarakat Desa Pesanggrahan, mengaku sangat mendukung penuh terhadap pencalonan salah seorang warganya yang dinilai memiliki potensi tersebut.

“Ya, kami bersama warga masyarakat Desa Pesanggrahan, tentunya sangat pro aktif untuk mendukung salah seorang warga kami yang ikut mendaftarkan diri sebagai Direktur PT. BWR. Karena memiliki wawasan yang luas, mengerti IT dan jika terpilih nantinya bakal memberdayakan masyarakat Kota Batu,” tuturnya.

Diungkapkan Imam, bahwa sosok Edo adalah salah satu inisiasi atas berdirinya tokobatu.com, yang mana dalam hal ini sekaligus juga mengelola Bumdes Mayangsari Pesanggrahan dan sekaligus sebagai IT.

“Tentunya ini salah satu point dan nilai plus yang sangat bagus menurut saya. Sebab, latar belakang dan keahlian yang dimiliki warga kami ini memang layak untuk menjadi calon sebagai Direktur PT. BWR. Sebab, selain dari visi dan misi yang pernah dipaparkan kepada kami ini, terus terang bagi kami sangat luar biasa sekali,” tukas dia.

Kepada wartawan, Edo sapaan akrabnya juga menyampaikan, bahwa motivasinya mencalonkan diri sebagai peserta awalnya diusung oleh desa, yang mana salah satunya untuk memberikan edukasi pendidikan bisnis dan pemberdayaan masyarakat yang lebih luas, yang lebih ke bawah dan merubah pola pikir atau mindset bisnis BWR, untuk lebih kerakyatan.

“Seperti itu, jadi bukan hanya berbasis project menghabiskan uang anggaran yang besar, dan tidak terlihat apa-apa. Tapi, saya punya visi misi untuk ekonomi kreatif dan digital untuk warga masyarakat Kota Batu untuk semua kalangan baik millenial maupun masyarakat secara luas,” ujarnya.

Menurutnya, sebuah perusahaan dapat berjalan dan berkembang cepat atau lambat dibutuhkan kerja tim yang dapat merangkul berbagai kalangan, dan menjadikan sesuatu menjadi produk usaha demi kesejahteraan masyarakat.

“Dengan kerja tim, saya optimis dan yakin dapat memajukan Badan Usaha Milik Daerah dan kesejahteraaan Masyarakat Kota Batu, sehingga tidak hanya terpaku dalam satu lingkaran yang menyebabkan kehilangan inovasi dalam bekerja. Tak hanya itu, nantinya saya juga berkolaborasi dengan semua Bumdes di Kota Batu dengan potensi SDM kreatif,” ucap dia.

Meski begitu, lanjut Edo, Kota Batu dengan berbagai kalangan dan profesi mulai dari pemuda hingga senior, pengusaha dengan market lokal, Nasional dan Internasional ada di Kota Batu. Karena, BWR hadir untuk menjangkau bisnis potensial dan pendampingan masyarakat untuk memajukan semua lini bisnis.

“Tim kami hadir dengan solusi pemecahan masalah yang ada di sektor usaha Kota Batu, dengan konsep integrasi akan mengantarkan professionalitas BWR ke tingkat Nasional dan Internasional. Kami tidak berharap untuk mendapatkan resiko tinggi dalam berbisnis, tetapi kami akan tetap berbisnis dan belajar agar berguna, memberdayakan, dan mengedukasi masyarakat Kota Batu dengan motto New Mid New System,” tandasnya.

Meski demikian, masih kata Edo, jika dikelola dengan baik dan benar, BWR bakal menjadi project market bagi para pelaku usaha maupun UMKM untuk secara bersama-sama mensejahterakan masyarakat Kota Batu.

“Karena PT. BWR adalah perusahaan milik Pemkot Batu yang bergerak di bidang pariwisata, perdagangan, jasa keuangan, pendidikan dan pelatihan. Sebab, Pemkot Batu merupakan pemilik saham mayoritas perusahaan ini,” pungkas dia.

Berikut ini Visi dan Misi serta Program Kerja

VISI
Menciptakan harmoni antara pemerintahan dan bisnis digital terbarukan, serta mencetak pengusaha baru dalam tantangan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

MISI
Ekosistem bisnis digital.
Pemberdayaan karang taruna dan pemuda.
Pemberdayaan UMKM yang lebih luas.
Pendidikan bisnis multisektor.
Satu keluarga memiliki satu sarjana.

Program Kerja
A. RUMUSAN MASALAH
1. Apa yang dimaksud dengan Bisnis?
2. Manfaat bisnis integritas.
3. Langkah-langkah dalam membuat sebuah bisnis.

  1. Elemen elemen terkait dalam membangun sebuah bisnis.
    5. Bisnis Potensial dan Pengusaha tidak terdeteksi.
     
    Strategi Bisnis
    B. RENCANA USAHA
    1. Rencana Jangka Pendek.
    Pendidikan Karakter Bisnis dan Politik
    Pencarian Bakat dan Minat Pemuda Kota Batu.

2. RENCANA JANGKA MENENGAH
BWR Venture dan 1000 Usaha Baru.

3. RENCANA JANGKA PANJANG
Pengembangan unit bisnis menuju Internasional.
 
STRATEGI PEMASARAN

  1. MEDIA BANNER
    Strategi pemasaran media banner bukan hanya di Kota Batu, tetapi di Wilayah Market Bisnis misalnya berada di Surabaya, Jakarta, Manado dan kota-kota besar lainnya.

2. MEMANFAATKAN MEDIA INTERNET
Sebagai lini bisnis strategis citra media internet, dapat menumbuhkan rasa kepercayaan lebih dari calon pelanggan bisnis itu sendiri.

  1. MEMBUKA CABANG
    Contohlah seperti Indomaret dan Alfamart.

4. PENGEMBANGAN PRODUK
Inovasi dan memahami selera pasar itu yang harus dikembangkan, dengan kesimpulan dibutuhkan tim riset untuk produk atau jasa yang akan populer ke depan dalam kurun waktu 5 – 10 tahun.

  1. MELAKUKAN PROMOSI
    Media dengan kekuatan publikasi internal dan eksternal, diharapkan dapat membuat sebuah ekosistem baru dalam mengenalkan produk ciptaan baru.

Nama Program: Pendampingan Perizinan Massal.
Jenis Kegiatan: CSR.
Target Pengguna: 500 Pengusaha (100 Pengusaha/Tahun).

Nama Program: BWR Venture
Target Jumlah Pengguna: 50 Start up.
Target Pengguna: Konseptor dan Eksekutor Prospek Bisnis Digital.
Goal Point: Menciptakan Bisnis Digital Prospektif melalui Inkubator, Pendidikan dan Pendampingan bisnis dari awal, hingga berkembang dan menjadi bisnis professional.

Nama Program: BWR STREET BUSINESS
Target Jumlah Pengguna: 1.000 Pengusaha
Target Pengguna: Warga Kota Batu
Goal Point: Menciptakan Bisnis recehan yang berpotensi menjadi Viral dan Berkarya diluar Kota Batu.

Sekadar diketahui, bagi peserta calon Direktur PT. BWR yang telah melengkapi syarat yang ditetapkan tersebut, ada seleksi administrasi pada 5 April dan penetapan hasil seleksi pada 6 April. Tim Pansel, bakal mengumumkan hasil seleksi pada 8 April.

Siapa pun yang lolos, nantinya bakal mengikuti tahapan uji kelayakan dan kepatuhan pada 14 – 15 April 2021 mendatang. (Eko).