Menuju New Normal, YUA Jatim Bakal Lakukan Pengawasan SOP

Foto: Ketua YUA Jatim Alex Yudawan, saat memberikan bantuan berupa paket sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19, beberapa waktu lalu. (Eko)

BACAMALANG.COM – Menyikapi rencana Walikota Batu untuk membuka kembali tempat wisata dan hotel, pada Juni 2020 dalam New Formal Life, NGO (Non Government Organization) Yayasan Ujung Aspal (YUA) Jawa Timur dan relawan, bakal mengawasi Standar Operasional Prosedur (SOP), bagi para pengunjung wisata dan perhotelan.

Ketua YUA Jawa Timur Alex Yudawan mengatakan, YUA bersama para relawan akan terus mengawasi segala aktifitas pihak tempat wisata dan hotel.

“Ya, baik itu pegawai dan pengunjung, serta segala fasilitas yang disediakan di tempat tersebut sesuai dengan SOP atau tidak,” kata Alex sapaan akrabnya, Minggu (31/5/2020) kepada awak media.

Karena menurutnya, sampai dengan saat ini wabah virus Corona atau Covid-19 masih ganas dan semakin meningkat.

“Saat ini bukan hanya perekonomian saja yang harus diutamakan, tetapi masalah kesehatan tidak kalah pentingnya. Karena sampai sekarang belum ada sosialisasi dari Dinas Kesehatan Pemkot Batu, terkait bahayanya virus Corona, yang penyebarannya begitu cepat menyerang saluran pernafasan manusia,” ungkap dia.

Ditambahkan Alex, seseorang dapat terinfeksi dari penderita penyakit Covid-19, dan penyakit ini dapat menyebar melalui tetesan kecil (droplet) dari hidung atau mulut (segitiga wajah).

“Maka orang itu dapat terinfeksi secara cepat Covid-19, dan yang membuat Virus ini lebih berbahaya karena tak semua yang terinfeksi menunjukkan gejala serius atau Sillent Carrier,” imbuhnya.

Maka dari itu, lanjut Alex, YUA Jawa Timur dalam rangka meringankan beban pemerintah, terkait pengawasan terhadap tempat wisata dan perhotelan, akan ikut serta melakukan pengawasan.

“Tentunya terhadap segala bentuk aktifitas pihak tempat wisata dan perhotelan, serta pengunjung dalam memenuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) pada saat dibuka dalam masa New Normal Life,” pungkas dia. (eko/red)