Dewan Usul Satu Dusun Satu Jaringan Internet

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Malang, Zia'ul Haq saat memberikan keterangan kepada wartawan (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Malang mengusulkan agar setiap dusun diberikan fasilitas jaringan internet gratis untuk pembelajaran daring.

Anggota DPRD Fraksi Partai Gerindra, Zia’ul Haq mengatakan, fasilitas jaringan internet gratis ini menjawab kegelisahan wali murid yang selama pandemi merasa terbebani pembelian paket data.

“Sedang kita ajukan, di setiap dusun untuk fasilitas Wifi melalui PAK (perubahan anggaran keuangan, red). Kalau di dusun kan semua siswa bisa menikmati, kalau ditaruh di sekolah kan terbatas. Kita sudah ajukan di Banggar (Badan Anggaran, red). Kita merespon kegelisahan masyarakat kan sekarang belajar lewat daring,” kata Zia, Senin (31/8/2020).

Zia menambahkan, beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten Malang mengusulkan kepada legislatif terkait fasilitas jaringan internet itu. Namun, yang diusulkan eksekutif adalah fasilitas internet untuk tiap sekolah.

“Yang diusulkan Pemkab 6,8 miliar untuk sarana prasarana learning center berbasis di sekolah. Dewan maunya berbasis dusun. Ini masih usulan. Di pembahasan bisa kurang atau lebih, tergantung per titik dusun,” terangnya.

Menurut pria yang juga Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang Gerindra Kabupaten Malang, fasilitas jaringan internet itu bisa difungsikan untuk jangka waktu panjang meskipun nanti pandemi telah usai.

“Di 2021 bisa berkelanjutan. Jika virus sudah selesai, bisa untuk edukasi ke masyarakat,” ucapnya.

Agar fasilitas jaringan internet bisa merata hingga wilayah pelosok, penentuan titik-titik pemasangan jaringan internet itu akan diinventarisasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang.

“Ini nanti unlimited. Entah ditaruh di balai dusun atau rumah warga yang representatif. Providernya nanti kita serahkan ke Dinas Kominfo. Ini daerah yang blank spot kan yang tahu dinas terkait,” Zia mengakhiri. (mid/yog)