Jatim Park 2 Rayakan Hari Lemur Sedunia, Begini Keseruannya

Foto: Flash Mob dan Parade Madagaskar, menyambut pengunjung tepat di depan pintu masuk menuju Batu Secret Zoo, Jawa Timur Park 2. (Eko)

BACAMALANG.COM – Lemur merupakan satwa endemic dari Madagaskar yang status konservasinya sangat kritis. Kehilangan habitat menjadi alasan utama berkurangnya populasi hewan yang terancam punah itu.

Memandang hal tersebut, menyebarkan edukasi konservasi lemur sangatlah penting.

Dalam kegiatan yang diperingati pada 30 Oktober ini, negara asli yang merupakan habitat dari Lemur, yaitu Madagascar selalu merayakannya dengan meriah.

Tak terkecuali di Jawa Timur Park 2. Hal ini dilakukan, mengingat primata yang paling terancam punah di dunia ini menjadi satwa kebanggaan negara yang memiliki kemiripan budaya dengan Indonesia.

Pada perayaan peringatan itu, pengunjung disambut Flash Mob dan Parade Madagaskar, lokasinya tepat di depan pintu masuk menuju Batu Secret Zoo. Selanjutnya, di depan Lemur Kingdom. Dan kemudian, Edukasi Lemur, Games, dan Free Lemur Kingdom Experience bagi pengunjung yang beruntung.

Yoka Rismadora, staf marketing Jawa Timur Park Group mengatakan, bahwasanya Jawa Timur Park 2 menjadi salah satu lembaga konservasi lemur di Indonesia.

“Ya, hari ini tepat 31 October – 1 November 2020, Jawa Timur Park 2 turut mendukung program pelestarian Lemur, salah satunya dengan memperingati hari lemur sedunia atau world lemur’s day, dengan menggelar berbagai even,” kata Yoka sapaan akrabnya, saat diwawancarai awak media, pada Sabtu (31/10/2020).

Menurutnya, salah satu upaya ini diwujudkan dalam program breeding internasional, melalui European Endangered Species Programmes (EEP) yang di canangkan EAZA (European Association of Zoos and Aquaria).

“Dalam hal ini, salah satu asosiasi yang concern, dalam upaya pelestarian satwa-satwa (khususnya satwa yang terancam punah), yang ada di kebun binatang seluruh dunia,” tukas dia.

Dirinya menjelaskan, sebagai kebun binatang ke dua di Asia (selain Tokyo) yang memiliki Black Lemur, Batu secret Zoo juga menjadi kebun binatang di Indonesia yang memiliki spesies lemur terbanyak, dan salah satu kebun binatang dengan jumlah spesies lemur paling banyak di Asia Tenggara.

“Saat ini di Jawa Timur Park 2, terdapat 32 ekor Lemur dari 6 spesies, yaitu Black Lemur 4 ekor betina, 1 ekor jantan, Red Ruffed Lemur 2 ekor betina, 1 ekor jantan, Brown Lemur 4 ekor betina, 2 ekor jantan, Black and white Lemur 2 ekor betina, 2 ekor jantan, Red Collared Lemur 2 ekor betina, 2 ekor jantan, dan Ring-tailed Lemur 2 ekor betina, 7 ekor jantan,” terangnya.

Maka dari itu, lanjut Yoka, agar mampu mewujudkan upaya untuk pelestarian lemur yang kini semakin terancam punah, Batu Secret Zoo merayakan peringatan Hari Lemur Sedunia.

“Pada perayaan peringatan ini, selain memberi edukasi tentang satwa dari ordo primata ini, Batu Secret Zoo juga mengajak kepada para pengunjung untuk mengenal lemur melalui kegiatan ‘Madagascarian Parade’,” papar dia.

Dimana, masih kata Yoka, salah satu rangkaian acara, yakni dengan menyiapkan makanan untuk lemur yang berada di area Lemur Kingdom.

“Kepada para pengunjung, diberikan kesempatan dengan memberi makanan, sekaligus juga bisa berinteraksi secara langsung. Karena, ini sebagai salah satu sarana edukasi tentunya,” beber dia.

Sementara itu, salah seorang pengunjung asal Sidoarjo, Jihan Rahma yang di dampingi keluarganya mengaku sangat senang, karena bisa berinteraksi sekaligus memberi makan lemur secara langsung.

“Ya, senang aja, karena lemurnya baik tidak menggigit dan mau di elus-elus. Tadi saya beri makan buah salak, semangka dan melon,” ungkap siswi kelas 4 SD Islam Sabillilah, Sidoarjo ini. (Eko).