95 Mahasiswa Fakultas Hukum UMM Bakal Ikuti Program COE Gelombang II

Ketua DPC Peradi Malang Raya Iwan Kuswardi berikan pemaparan kepada calon kantor penerima mahasiswa program COE (ist)

BACAMALANG.COM – Kelas profesional asisten advokat gelombang dua bakal digelar awal tahun ini. Sebanyak 95 mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bakal menempati kantor–kantor hukum advokat Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi).

“Program Center Of Excellence (COE) Universitas Muhammadiyah Malang bekerjasama dengan Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (DPC Peradi) Suara Advokat Indonesia Malang Raya, ini merupakan yang pertama di Indonesia,” papar Ketua DPC Peradi Malang Raya, Iwan Kuswardi di Taman Indie, Sabtu (21/1/2023).

Para mahasiswa Fakultas Hukum nanti akan mengikuti kegiatan selama satu tahun penuh dan dibimbing langsung oleh advokat senior Peradi Malang Raya.

Mereka dilibatkan secara aktif, seperti pembuatan surat kuasa pidana maupun perdata, membuat gugatan, membuat replik, mendampingi persidangan, dan sebagainya yang kedepan akan menghasilkan mahasiswa Fakultas Hukum yang berkompeten.

“Materi–materi yang diberikan merupakan hasil konversi materi pada Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA), diharapkan dengan mengikuti COE mahasiswa mampu menghadapi di dunia kerja nanti bisa survive,“ jelasnya.

Setelah lulus COE nanti, lanjut pria penggemar mobil kuno ini, untuk mendapatkan sertifikat PKPA para mahasiswa tersebut tinggal mengikuti program fastrek, yaitu program pembelajaran materi hukum di PKPA yang belum terdapat pada magang COE.

“Kabar baiknya lagi, program COE ini telah didaftarkan di Unesco, sehingga program pendidikan kelas profesional asisten advokat ini bakal di akui oleh dunia,” pungkasnya.(*/an)