Agar Pelayanan Maksimal, Siswa Inklusi Sebaiknya Tidak Mendaftar Lewat Jalur Zonasi Saat PPDB

Kegiatan panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMPN 18 Kota Malang, Rabu (14/6/2023). (Nedi Putra AW)

BACAMALANG.COM – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP Negeri untuk jalur zonasi Kota Malang telah dibuka mulai 12 Juni 2023 sampai 14 Juni 2023, melalui pendaftaran secara online melalui website smp.ppdbkotamalang.id. Jalur Zonasi merupakan jalur yang diperuntukan bagi calon peserta didik baru yang berdomisili di wilayah yang ditetapkan dinas terkait dalam PPDB, setelah jalur Prestasi, Afirmasi serta Inklusi, salah satu jalur penerimaan yang tidak begitu banyak dibicarakan.

PPDB jalur inklusi adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya. Salah satu sekolah yang telah menerapkan pendidikan inklusi adalah SMPN 18 Kota Malang.

Srijatun, Kepala SMPN 18 Kota Malang menuturkan, agar sebaiknya siswa inklusi tetap mendaftar lewat jalur ini saat PPDB.

“Untuk inklusi sudah ada jadwal PPDB sendiri, namun kami masih menemukan yang mendaftar lewat zonasi karena merasa rumahnya dekat dengan sekolah,” ujar dia ketika ditemui di sekolah, Rabu (14/6/2023).

Srijatun menegaskan, penerimaan tersebut akan berdampak pada pelayanan yang akan didapatkan calon siswa tersebut.

“Hal ini terkait dengan sarana dan prasarana yang ada, sehingga kami dapat mempersiapkan sebelum proses belajar mengajar berlangsung, sementara jika lewat jalur zonasi, keberadaan anak-anak istimewa tersebut bisa saja tidak terdeteksi dan dianggap normal untuk seperti anak lainnya,” jelasnya.

“Jika sejak awal calon siswa sudah diketahui inklusi, maka kami siapkan pelayanan maksimal dengan adanya Guru Pendamping Khusus atau GPK,” jelas dia.

Srijatun menambahkan, sudah banyak siswa inklusi di sekolahnya yang berprestasi, karena sudah dibimbing secara khusus sejak awal. Pihaknya sudah mendapatkan empat calon siswa kelas 7 yang dari jalur inklusi, sementara saat ini ada 12 siswa inklusi yang naik kelas 8 dan 9.

Pagu zonasi di SMPN 18 adalah sebanyak 120 siswa dari pagu total 240 siswa. Tahun ini, sekolah yang berlokasi di kawasan perumahan Griya Shanta tersebut menerima delapan rombongan belajar.

Pewarta : Nedi Putra AW
Editor/Publisher : Aan Imam Marzuki