Ahmad Basarah Gandeng RSIA Mawar Gerebek Vaksin di Lereng Gunung Arjuna

Masyarakat desa Baronggragal, Kecamatan Karangploso, Kabupaten saat antri vaksinasi, Rabu (22/9/2021). (ist)

BACAMALANG.COM – Wakil Ketua MPR RI DR. H. Ahmad Basarah, MH melaksanakan program vaksinasi nasional yang dicanangkan Presiden Joko Widodo di wilayah Malang Raya, Rabu ( 22/9/2021 ).

Ahmad Basarah melakukan gerebek vaksinasi, yakni vaksin door to door untuk warga di bawah lereng Gunung Arjuna, tepatnya pelosok di kawasan Sumberwangi Desa Boronggragal Dusun Donowarih Kec. Karangploso Kabupaten Malang.

Sedikitnya 30 warga dari berbagai usia mendapatkan vaksin yang dilakukan oleh para nakes RSIA Mawar (Mardi Waloeja Rampal). Mereka tidak hanya mendapatkan vaksinasi, namun juga mendapatkan bantuan sembako dari tim Aspirasi Ahmad Basarah, serta bantuan 2 ribu masker BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) yang diserahkan oleh relawan MBLC (Malang Bersatu Lawan Corona).

Menurut Siafudin Zuhri, panitia pengarah kegiatan vaksin, kegiatan vaksin door to door untuk warga di pelosok lereng Gunung Arjuna ini dilakukan sebagai wujud bahwa vaksinasi ini harus dilakukan secara merata bagi semua warga, termasuk bagi warga yang jauh dari aktifitas tengah kota.

“Selain dilakukan vaksin, dari pihak RSIA Mawar juga memberikan sosialisasi pentingnya menjaga protokol kesehatan untuk warga. Warga antusias menerima vaksinasi, termasuk diberikan pengetahun tentang bagaimana menjaga protokol kesehatan mulai dari penggunaan masker, cuci tangan dan menjaga jarak dalam setiap kegiatan mereka. Mereka sangat perlu mendapatkan perhatian di tengah kondisi sulit saat ini,” tuturnya.

Menurut dia, bantuan sembako serta masker diberikan sebagai wujud rasa simpati sosial, juga sebagai wujud gotong royong bersama bahwa efek dari pandemi ini juga dirasakan oleh seluruh warga dimanapun berada.

Sementara Dirut RSIA Mawar, dr. Raymond Ferdinand Runtu, SpPK antusias turut serta dalam kegiatan tersebut. Apalagi ada kesempatan baginya untuk sosialisasi pentingnya pola hidup sehat di masa pandemi, utamanya bagi warga yang berada di pelosok wilayah Kabupaten Malang yang minim terakses fasilitas kesehatan.

“Kami sangat apresiasi dengan arahan dari Wakil Ketua MPR RI, DR. Ahmad Basarah, MH, yang bersinergi dengan kami untuk vaksinasi bagi warga yang jauh dari pelosok wilayah Kabupaten Malang ini,” ungkapnya.

Dokter Raymond nengatakan bahwa masyarakat juga menyambut baik program vaksinasi untuk menjaga kesehatannya. “Mereka layak untuk mendapatkannya, dan kami dari RSIA Mawar siap untuk mengikuti program di tempat yang minim fasilitas kesehatan dan jauh dari akses mana saja,” paparnya.

Dia mengungkapkan pihaknya banyak memberikan wawasan dan pengetahuan kepada warga dari rumah ke rumah, tidak hanya terkait langsung tentang vaksin, tapi tentang protokol kesehatan, seperti membiasakan hidup sehat, serta menjaga lingkungan yang bersih dan sehat. (ned/lis)