Ajak Jaga Situasi Kamtibmas Kondusif, Kapolres Malang Silaturahmi Perguruan Silat se-Kabupaten Malang

Kapolres Malang di acara silaturahmi perguruan silat Kabupaten Malang. (ist)

BACAMALANG.COM – Untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Malang, Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana menggelar pertemuan forum silaturahmi kamtibmas bersama pengurus perguruan silat seluruh Kabupaten Malang di Gedung Sanika Satyawada Polres Malang, Kamis (1/12/2022) pagi.

“Kelompok perguruan silat di Kabupaten Malang merupakan salah satu kekuatan yang punya potensi, karena banyak masyarakat yang tergabung di dalamnya. Maka tentunya banyak hal yang bisa kita kerjasamakan dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban di Kabupaten Malang,” ucap AKBP Kholis.

Dikatakannya, berdasarkan beberapa studi yang dilakukan, salah satu ciri masyarakat yang modern adalah masyarakat yang menempatkan keamanan sebagai kebutuhan.

Pada negara maju seperti Amerika, Eropa, Jepang, China, masyarakat menilai bahwa keamanan bukan hanya tugas pemerintah, namun merupakan kebutuhan seluruh masyarakat. Supaya bisa melakukan aktivitas dengan aman dan hidup tentram.

“Untuk itu saya mulai mencoba dengan potensi yang ada untuk masyarakat di Kabupaten Malang, dalam konteks kemananan bukan menjadi obyek namun juga sebagai subyek,” tuturnya.

Ia berharap kepada komunitas perguruan pencak silat yang ada untuk bisa memberikan dukungan terhadap pihak kepolisian dalam memelihara situasi keamanan yang kondusif di Kabupaten Malang.

“Sangat bohong jika polisi bisa bekerja sendiri, polisi bisa ada karena kebutuhan masyarakat sehingga harus sesuai dengan harapan masyarakat,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua IPSI Kabupaten Malang Bintal Yudana menyambut baik langkah yang diambil Kapolres dengan mengadakan forum silaturahmi perguruan silat seluruh Kabupaten Malang tersebut. Melalui forum tersebut silaturahmi dengan pihak kepolisian maupun antar perguruan silat akan semakin erat dan baik.

Ia juga mengaku siap mendukung pihak kepolisian untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Malang.

“Kamtibmas merupakan kebutuhan kita bersama, sehingga bila kita diminta bantuan oleh Polri, kita siap,” urai Bintal.

Forum silaturahmi yang dilanjutkan dengan diskusi antar perguruan silat itu berlangsung dengan santai dan hangat. Sejumlah agenda persiapan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi hingga cipta kondisi kamtibmas juga dibahas dalam forum tersebut. (*/had)