Akses Jalan Menuju Kawasan Pantai Selatan Rusak Parah, Wisatawan Turun

Kondisi akses jalan menuju Pantai Selatan tepatnya di Desa Sumberbening Bantur (ist)

BACAMALANG.COM – Akses jalan utama menuju kawasan Pantai Selatan Kabupaten Malang rusak parah. Rusaknya akses jalan ini berimbas pada penurunan jumlah wisatawan.

Padahal, industri pariwisata di Kabupaten Malang belum pulih 100 persen akibat pandemi. Kini, kondisinya diperparah akses jalan yang hancur.

Salah satu titik yang begitu parah berada di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur. Tepatnya di seputaran Jurang Klampok.

Akibat rusaknya akses jalan di kawasan itu, arus lalu lintas mengalami pengalihan. Para pengguna jalan atau wisatawan yang hendak menuju arah Jalur Lintas Selatan harus rela memutar sedikit lebih jauh lewat Desa Sumberbening, Bantur.

Kondisi akses jalan via Sumberbening bisa dibilang juga tidak mulus. Meskipun tidak separah ketika melintas lewat kawasan Jurang Klampok.

Rusaknya akses jalan hingga berdampak pada penurunan jumlah wisatawan dibenarkan pengelola Pantai Balekambang, Perumda Jasa Yasa Kabupaten Malang.

“Hal itu disebabkan banyak kendaraan proyek JLS yang lewat di sana. Padahal, itu kan spesifikasi jalan Kabupaten. Ada penurunan wisatawan sampai 70 persen,” kata Direktur Administrasi Perumda Jasa Yasa, Husnul Hakim, Senin (22/3/2021).

Melihat kondisi akses jalan yang rusak parah, Perumda Jasa Yasa bakal berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Malang untuk dilakukan perbaikan segera.

“Koordinasi kita, selain meminta untuk segera memperbaiki jalan, juga mengajukan permohonan revisi Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB),” terang Husnul. (mid/red)