Anies Baswedan: Mahasiswa Harus Berteman Dengan Masa Depan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ketika memberikan materi dalam seminar nasional "Pembangunan Karakter Berprestasi Bagi Mahasiswa, Dalam Upaya Pengabdian Untuk Negeri" yang digelar FISIP-UB secara daring, Sabtu (21/8/2021). (ist)

BACAMALANG.COM – Mahasiswa harus mampu meraih indeks prestasi yang tinggi, sekaligus perlu aktif di organisasi di lingkungan kampus untuk bisa dimanfaatkan setelah lulus dari perguruan tinggi.
Hal itu dikemukakan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ketika memberikan materi dalam seminar nasional “Pembangunan Karakter Berprestasi Bagi Mahasiswa, Dalam Upaya Pengabdian Untuk Negeri” yang digelar FISIP-UB secara daring, Sabtu (21/8/2021).

Anies lebih jauh menyampaikan, IP tinggi bagi lulusan perguruan tinggi akan mendapat kesempatan wawancara untuk memasuki dunia kerja. Sedang kemampuan berfikir kreatif dan membangun kesuksesan dalam dunia kerja diperoleh dari aktifitas di organisasi saat di kampus.

“Tetapi meskipun aktif di kampus dan terlatih kreatif, tanpa IPK yang tinggi, tentu tidak dapat panggilan wawancara dari dunia kerja,” ujar gubernur yang juga mantan menteri tersebut dalam seminar yang sekaligus kegiatan pembukaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MB) FISIP-UB.

“Dengan memanfaatkan teknologi, seperti HP atau smartphone, mahasiswa harus punya ilmu lebih baru dari dosennya,” tambahnya.

Terkait dengan ukuran tingginya IPK atau indeks prestasi kumulatif, Anies menegaskan bahwa bagi mahasiswa S-1, IPK harus lebih tinggi dari IPK yang dipersyaratkan untuk dapat memperoleh beasiswa ke jenjang S-2.

“Mahasiswa harus membuat perencanaan sejak awal guna meraih target itu. Salah satu syaratnya, mahasiswa harus berteman dengan “masa depan”, berarti mahasiswa harus akrab dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang menjadi bidangnya,” tandasnya.

Seminar ini juga menghadirkan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Jatim. (ned/lis)