Asyik, Bus Macito Gratis di Kota Malang Mengaspal Tiap Weekend

Walikota dan Wawali Kota Malang saat sedang asik menaiki Bus Macito. (ist)

BACAMALANG.COM – Asyik. Setelah lama tak bisa beroperasi karena tak layak jalan, kini Bus Malang City Tour (Macito) akan mengaspal mulai Sabtu (2/3/2022).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Heru Mulyono mengatakan bahwa jadwal operasional bus adalah setiap akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu terjadwal pukul 15.00 WIB hingga 18.00 WIB.

“Iya setiap Sabtu dan Minggu titik awalnya disini (kawasan Taman Wisata Kota (Tawira atau Mini Block Office),” terangnya.

Untuk diketahui, Macito tersebut merupakan bus terbaru atau pengganti bus lama yang tak bisa beroperasi karena tak layak jalan. Bus terbaru ini desain serba biru yang hanya memiliki satu tingkat ini, telah diresmikan pada 31 Desember 2021 lalu dengan anggaran sebesar Rp 1,8 miliar.

Bus berkapasitas 26 penumpang ini, sementara waktu bus akan memutar pada rute mulai Alun-Alun Tugu Malang menuju Jalan Majapahit dan berjalan di kawasan Kayutangan Heritage. “Armada masih satu, dan daya tarik Kayutangan Heritage jadi pilihan Kami,” ungkapnya.

Demi kenyamanan penumpang, kecepatan bus maksimal hanya 40 km/jam. Masyarakat yang berminat naik bus gratis ini, tentu harus siap mengantri. “Gak ada bayar, gratis. Tapi antri ya,” jelasnya.

Terkait rencana penambahan armada bus Macito, Heru belum bisa memastikan lagi karena tahun ini belum ada anggaran khusus untuk penambahan bus. “Masih belum tahu, tergantung ketersediaan anggaran ada apa tidak” tutupnya. (*/had)