Bantuan Air Bersih Berdatangan, Warga Dengkol Singosari Beri Apresiasi

Warga Desa Dengkol Singosari antusias menyerbu bantuan air bersih. (Ist)

BACAMALANG.COM – Sebanyak 1.250
Kepala Keluarga (KK) di Desa Dengkol, Singosari, Kabupaten Malang mengalami krisis air bersih karena pompa tandon air dari sumur bor macet.

Saat ini, berbagai pihak telah memberikan bantuan air bersih kepada warga dengan harapan agar kebutuhan warga untuk sementara terpenuhi.

Atas adanya bantuan air bersih yang berdatangan dari berbagai pihak, sejumlah Warga Desa Dengkol merasa bersyukur dan memberikan apresiasi positif.

“Alhamdulillah masyarakat sangat antusias dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan,” tegas salah satu warga Desa Dengkol Singosari,
Aminudin Muhamad, kepada BacaMalang.com, Kamis (29/6/2023).

Dikatakannya, pendistribusian air Hari Kamis ini, sudah memasuki hari ke-8 di wilayah Dengkol.

Dipaparkannya, pemberitaan di media yang dilakukan beberapa waktu lalu, adalah mengekspos RW lainnya.

“Yang diekspos itu wilayah Krajan. Dan yang sekarang wilayah dusunnya,” urainya.

Diceritakannya, krisis air terjadi sejak Kamis (22/6/2023). Sebelum datang bantuan air dari berbagai pihak di luar desa, warga membeli air dari sumur milik warga desa lain yang mempunyai sumur besar.

“Untuk warga Dusun Leses banyak yang membeli air bersih, isi 1000 liter dengan harga Rp 70 ribu sampai Rp 85 ribu, untuk kebutuhan air minum dan masak,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, pada tahun kemarin, bulan yang sama, tidak sampai terjadi hal seperti sekarang ini (krisis air bersih).

Dijelaskannya, warga setempat tidak menggunakan air dari PDAM, namun pompa air yang sekarang sedang diperbaiki.

“Kemarin Hari Minggu juga dapat bantuan dari PDAM Malang. Kami berharap pompa air segera bisa diperbaiki dan dipakai seperti semula,” pungkasnya.

Berdasarkan informasi, bantuan telah mencapai 98 persen kebutuhan terpenuhi hingga 3 hari ke depan aman, berasal dari Divisi 2 Kostrad, Perumda Tirta Kanjuruhan (PDAM), Polsek Singosari, SAR, dan swadaya masyarakat.

Bantuan Polsek Singosari dua mobil truk tangki berkapasitas 4 ribu liter dan 5 ribu liter air bersih, dikirim ke Dusun Krajan, Desa Dengkol, dapat membantu 370 KK tersebar di Dusun Krajan RT 04/RW 03, dan RT 01/RW 01.

Pewarta : Hadi Triswanto
Editor/Publisher : Aan Imam Marzuki