Bantuan Kemensos untuk 3.000 KPM di Kota Malang Disalurkan

Kemensos RI Salurkan Bansos bagi 3.000 KPM di Kota Malang. (ist)

BACAMALANG.COM – Diharapkan dapat meringankan beban hidup warga terdampak pandemi utamanya dalam memenuhi kebutuhan dasar, Kemensos RI menyalurkan Bansos bagi 3.000 KPM di Kota Malang.

“Program ini memang sebarannya sudah merata di sejumlah daerah di nusantara dan sedang berproses pelaksanaannya. Bantuan ini murni menggunakan anggaran di Kementerian Sosial yang digunakan melalui dana safety atau dana yang tidak digunakan untuk kegiatan selama pandemi, seperti untuk acara pertemuan-pertemuan dan kunjungan kerja,” tegas Kepala Subdirektorat Pemulihan dan Reintegrasi, Direktorat Perlindungan Sosial dan Bencana Sosial Kementerian Sosial, Charles Purnama baru-baru ini.

Secara simbolis, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji menerima penyaluran bantuan tersebut di halaman Balai Kota Malang. Setiap KPM mendapatkan 5 kg beras dan para penerima ini merupakan warga yang tidak atau belum menerima bantuan lain, seperti Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Charles Purnama menuturkan, bantuan ini, merupakan bantuan bagi warga yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama pandemi Covid-19 sehingga dapat meringankan beban hidup warga terutama dalam memenuhi kebutuhan dasarnya.

Program bantuan ini, jelas dia, menjadi stimulasi atau upaya dari pemerintah untuk membantu dan meringankan beban hidup warga yang terdampak pandemi, terutama dalam pemenuhan kebutuhan dasar hidupnya. Mungkin program ini tidak bisa dinikmati semua warga yang terdampak, tapi inilah yang bisa dilakukan.

Terkait penyaluran bansos ini, menurut Wali Kota Sutiaji sangat penting dan bermanfaat bagi warga yang berhak menerima. Selama ini Pemkot Malang pun telah berupaya semaksimal mungkin untuk meringankan beban warga.

Bantuan ini mungkin tidak seberapa, tapi setidaknya dapat sedikit membantu warga. Pihaknya akan terus mengalir bantuan sosial lain, seperti BST dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur bagi sekitar 3.500 KPM dimana masing-masing KPM akan menerima Rp 200 ribu.

“Kita sudah menganggarkan juga di APBD, dan salah satunya dari BST Provinsi Jawa Timur itu akan kami tambah Rp100 ribu sehingga KPM menerima Rp 300 ribu,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kota Malang Dra. Penny Indriani, MM mengatakan sampai saat ini setidaknya sudah 92.471 warga menerima bantuan sosial yang bersumber dari APBD Pemkot Malang maupun dari APBN. (*/had)