Bapenda Kabupaten Malang Genjot PBB, Pasca Target Pajak Hotel dan Hiburan Baru Tercapai 30 Persen

Caption : Kepala Bapenda Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara. (ist)

BACAMALANG.COM – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Malang berupaya menggenjot penerimaan pajak dari PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), pasca target pajak hotel dan hiburan baru tercapai 30 persen di bulan September ini.

Hal ini dilakukan lantaran Imbas Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel, hingga mengakibatkan target pajak hotel dan hiburan di Kabupaten Malang baru tercapai 30 persen. Padahal, kini sudah memasuki bulan ke-9.

“Target pajak hotel itu sebesar Rp 4,2 miliar dan sekarang tercapai 30 persen, ” kata Kepala Bapenda Kabupaten Malang Dr Made Arya Wedanthara, Kamis (16/9/2021).

Selain itu, kata dia, pajak hiburan juga baru terealisasi 30 persen, dari total target 8,2 miliar. Praktis, target pajak hotel dan hiburan pada tahun 2021 ini tidak akan bisa maksimal.

” Sebagai gantinya agar target pajak terpenuhi maka digenjot pada sektor lain seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB),” tukasnya.

Diakui, untuk mendongkrak pendapatan dari sektor pajak dibebankan kepada masyarakat untuk menutupi kekurangan target dari pajak hotel dan hiburan.

“Hasil dari PBB itu juga dikembalikan lagi ke masing-masing desa sebesar 10 persen melalui ADD dan DD, ” terangnya mengakhiri. (*/had)