Bedah Rumah Baznas Kabupaten Malang 2020 di Turen

Foto: Penyerahan kunci program bedah rumah. (ist)

BACAMALANG.COM – Saat ini masih banyak masyarakat kurang mampu yang bertempat tinggal di rumah tidak layak huni (RTLH) di Kabupaten Malang.

Sebagai wujud kepedulian sosial untuk meringankan beban sesama dan sarana berbagi, maka sejumlah pihak mengadakan program bedah RTLH di Kabupaten Malang termasuk di Kecamatan Turen.

“Kami harapkan program ini bisa meringankan beban, dan membahagiakan sesama. Kami melakukan peresmian Bedah Rumah Baznas Kabupaten Malang 2020,” tegas
Ketua Ansor Wonokasian, Kecamatan Turen, M. Faiz, baru-baru ini.

Kompak dan Sinergi

Adapun pihak yang berpartisipasi meliputi Baznas Kabupaten Malang, MWCNU Kecamatan Turen, UPZISNU MWCNU Turen, Pemerintah Desa Pagedangan, JPZISNU Wonokasian, Warga RT 15 RW 04 Wonokasian, dan TB Sinar Makmur.

Kali ini program menyasar rumah milik Rakup Zainal alias Mad Rakup, Jalan Kauman 15 / 04 Wonokasian Pagedangan Turen.

“Program ini mempunyai tujuan memberikan bantuan bangunan rumah layak huni kepada warga. Alokasi dana total sebanyak Rp 24 juta,” tutur Faiz.

Sekilas informasi, rumah yang dibedah berukuran luas 7,5 m X 8 m. Sehari-hari pemilik rumah mencari nafkah sebagai pencari rongsokan.

Termasuk Rakup jumlah orang yang tinggal di rumah tersebut sebanyak 4 orang termasuk istri dan anaknya.

“Jadi rumah Pak Rakup ini adalah pertama untuk JPZIS Wonokasian.
Targetnya diupayakan sampai tidak ada lagi rumah yang tidak layak huni,” jelas Faiz.

Faiz berharap agar pemilik rumah mampu merawat rumah, dan dukungan semua pihak semakin kuat.

“Harapannya kepada pemilik rumah, agar bisa dimanfaatkan dan dirawat dengan baik. Untuk JPZISNU dan warga Wonokasian agar semakin tanggap terhadap permasalahan sosial di sekitar yang berkaitan dengan kebutuhan primer. Dan untuk Baznas semoga sinergi bisa berkelanjutan,” pungkas Faiz. (had)