Bejat! Modal Facebook, Pria Donomulyo Perkosa Perempuan Pencari Kerja

Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar (dua dari kiri) menunjukkan barang bukti yang diamankan dari tersangka (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Bejat! Aksi yang dilakukan oleh Dian Bambang Setyo alias Rois warga Kecamatan Donomulyo. Pria 28 tahun memperkosa para perempuan yang sedang berusaha mencari pekerjaan.

Bermodal akun media sosial Facebook, Dian menjaring para korbannya. Setidaknya, sudah tiga kali Dian beraksi.

“Kejahatan ini cukup kejam dan meresahkan masyarakat. Ini pelaku begal dan memperkosa korbannya. Utamanya perempuan yang sedang mencari kerja di sekitar wilayah Pagak dan Kepanjen. Modus pelaku ini, dia sering berinteraksi di dunia maya,” kata Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar, dalam rilis di Mapolres Malang, Selasa (3/11/2020).

Kapolres kelahiran Solok Sumatera Barat menambahkan, pelaku menggunakan akun Facebook palsu untuk mengibuli korbanya. Pelaku pun mengaku seolah-olah memiliki toko dan sedang mencari karyawan.

“Dia mencari korban melalui postingan di Facebook. Dia gunakan akun palsu dan mencari korban perempuan yang sedang cari kerja,” ucap Hendri.

Setelah itu, pelaku mengajak korbannya untuk bertemu. Saat bertemu itulah, pelaku Dian melancarkan aksinya.

“Setelah mendapat korban. Pelaku menghubungi korban, tersangka ini mengaku sebagai perempuan. Mengaku punya toko, kemudian para korbannya diajak bertemu katanya untuk koordinasi. Diajak ke tempat sepi. Saat itu pelaku melakukan aksinya dengan mengancam akan membunuh dan tindak kekerasan lainnya. Setelah diperkosa, pelaku juga mengambil barang-barang berharga korban,” Hendri mengakhiri.

Akibat perbuatannya, pelaku kini harus mendekam di rumah tahanan Mapolres Malang. Dian dijerat pasal 285 KUHP karena melakukan tindak pidana pemerkosaan. Adapun ancaman hukumannya maksimal 12 tahun penjara.

Pelaku juga dijerat pasal 365 KUHP tentang tindak pidana pencurian disertai kekerasan. Ancaman hukumannya maksimal 9 tahun penjara. (mid/yog)