Bersama Pangkoarmada II Tutup Serbuan Vaksin Covid-19, Walikota Sutiaji Apresiasi Kegiatan Terlaksana Luar Biasa

Warga mengikuti serbuan vaksin di Stadion Gajayana, Minggu (8/8/2021). (ist)

BACAMALANG.COM – Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, bersama Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, Laksamana Muda (Laksda) TNI Iwan Isnurwanto, sore ini Minggu (8/8/2021), menutup secara resmi kegiatan Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Stadion Gajayana Kota Malang. Walikota Sutiaji menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan vaksinasi ini. Menurutnya, koordinasi bersama semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini membuahkan hasil yang baik. Walikota Sutiaji juga bersyukur karena Serbuan Vaksin Covid-19 selama dua hari ini terlaksana luar biasa dengan capaian yang terpenuhi dan tanpa kendala berarti.

“Atas nama Pemerintah Kota Malang saya ucapkan ribuan terima kasih. Tentu ini adalah penghargaan bagi Kota Malang. Vaksinnya didatangkan dari Pangkoarmada II, seluruhnya koordinasi dengan kita, secara cepat, GPL (gak pakai lama, red) bisa dilaksanakan dan hasilnya bisa dikatakan memuaskan,” ucap Walikota Sutiaji mengapresiasi.

Kendati animo masyarakat dalam mengikuti vaksinasi ini terbilang tinggi, Waikota Sutiaji mengatakan bahwa sistem antrean online yang diterapkan berjalan dengan baik. Sehingga tidak terjadi penumpukan antrean. “Tidak ada penumpukan massa. Bahkan tadi saya pantau pukul satu, memang luar biasa. Karena online berjalan dengan baik. Yang go show (langsung ke lokasi, red) kemarin, masyarakat tahu jumlahnya (vaksin yang tersedia, red) masih sepuluh ribu, masih terkendali. Itu sehingga luar biasa yang hadir,” urainya.

Walikota Sutiaji juga menyampaikan kesiapan Pemerintah Kota Malang untuk membantu apabila nantinya pihak Koarmada II kembali melaksanakan Serbuan Vaksinasi di Kota Malang. “Sewaktu-waktu kalau ada Panglima kepingin ada serbuan (vaksinasi, red) lagi, untuk herd immunity masyarakat Kota Malang, kami siap menerima amanah itu, Insyaa Allah akan kita lakukan jauh lebih baik dari hari ini dan itu mudah-mudahan semangat kita semua,” tutur orang nomor satu di Kota Malang ini.

Menurutnya ini sebagai upaya mempercepat tercapainya kekebalan kelompok (herd immunity) di Kota Malang. Walikota Sutiaji juga menambahkan bahwa menjamin kesehatan masyarakat adalah tugas dari hadirnya negara di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto, menyatakan bahwa Serbuan Vaksinasi ini berhasil dilaksanakan dengan sangat bagus. “Kalau kemarin kita mendapatkan kurang lebih 9.813 (yang sudah tervaksin, red), sore ini Insya Allah sudah mencapai sekitar 17.700. Sehingga dari target kemarin kalo kita menginginkan sampai dengan 30.000an kalo ditotalkan, ini sudah 26.000an yang sudah tervaksin, ini sudah sangat bagus sekali.

Laksda TNI Iwan Isnurwanto juga mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota Malang dan berbagai pihak yang telah mendukung. “Keberhasilan ini sangat bagus. Karena merupakan modifikasi dari kegiatan sebelumnya. Karena online yang saya mengira ini belum pernah dilaksanakan. Sehingga mengapa mempercepat proses pelaksanaan vaksinasi di Kota Malang ini.

Melihat tingginya antusiasme masyarakat, Laksda TNI Iwan Isnurwanto juga sempat mengundur waktu penutupan kegiatan, demi memfasilitasi masyarakat Kota Malang yang hendak mengikuti vaksinasi. “Nanti kedepannya kalau pas waktunya, dan kami punya vaksin kedua, Insya Allah kita bisa melaksanakan di kota ini lagi,” paparnya. (ned/lis)