Bersih Desa Sumberdem Wonosari Kabupaten Malang, Tolak Bala dan Minta Keselamatan

Foto bareng pasca giat selamatan dan bersih Desa Sumberdem Wonosari Kabupaten Malang. (ist)

BACAMALANG.COM – Warga Desa Sumberdem Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang menggelar Selamatan Tolak Bala dan Bersih Desa baru-baru ini.

“Selain sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas semua pemberianNya acara ini bertujuan juga untuk berdoa meminta keselamatan buat semua warga juga rojo koyo (hewan ternak) yang ada di Desa Sumberdem,” tegas Perangkat Desa Sumberdem Sukadianto, baru-baru ini.

Pria yang juga anggota MWC Lesbumi Kecamatan Wonosari ini mengungkapkan kegiatan ini tersebar di semua dusun. Tapi untuk pemusatan doa bersama juga pagelaran langgam beksan juga ringgit purwo digelar di rumah Kepala Desa Sumberdem, Purwati, SE.

Ia menjelaskan serangkaian kegiatan ini. Kegiatan dimulai Hari Sabtu tanggal 25/6/2022 dimulai acara Khotmil Qur’an selepas Subuh, dilanjut sore hari acara persekutuan doa dari warga GKJW Sumberdem.

Dilanjutkan bada Isya acara pembacaan Surah Yasin juga tahlil. Kemudian ditutup malamnya dengan Kidung Mocopat oleh rombongan PDKK se – Desa Sumberdem sampai tengah malam.

Kemudian dilanjutkan tanggal 26 siang Langgam Beksan dan diakhiri pagelaran Ringgit Purwo malam hari oleh Ki Dalang Wahyu dari Gunung Kawi.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Muspika Kecamatan Wonosari, semua perangkat Desa Sumberdem, dari Pemdes sampai RT juga dihadiri oleh tokoh agama Islam, Nasrani juga para Tokoh Masyarakat Desa Sumberdem.

Dalam giat pembacaan Mocopat dihadiri rekan dari PC Lesbumi Kabupaten Malang, juga MWC Lesbumi Kecamatan Wonosari.

“Harapannya dari giat ini bisa tercipta keselamatan seluruh warga Desa Sumberdem, juga keberkahan dalam bertani agar warga makmur sejahtera,” pungkasnya. (had)