BI Malang: Optimisme Konsumen Terus Meningkat di Bulan Juni 2022

Suasana sebuah mal yang semakin terbuka bagi pengunjung. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Juni 2022 meningkat sejalan dengan terus membaiknya aktivitas ekonomi seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat pada momentum liburan sekolah. (ned)

BACAMALANG.COM – Hasil Survei Konsumen Bank Indonesia Malang pada bulan Juni 2022 mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi terus menguat. Hal ini diungkapkan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang Cicilia Melly AH dalam siaran pers, Kamis (30/6/2022).

“Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Juni 2022 tercatat sebesar 139,50 menguat dibandingkan dengan bulan sebelumnya yaitu 133,00. Dengan demikian keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi melanjutkan tren pertumbuhan positif berada pada level optimis (indeks > 100),” terangnya.

Menurut Cicilia, kenaikan IKK didorong oleh membaiknya Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK). Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini tercatat sebesar 120,83 lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya yang berada di angka 113,17.

“Peningkatan IKE dipengaruhi kenaikan komponen pembentuknya yaitu ketersediaan lapangan kerja, penghasilan saat ini dan pembelian durable goods. Peningkatan tersebut sejalan dengan terus membaiknya aktivitas ekonomi seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat pada momentum liburan sekolah,” bebernya.

Di samping itu, imbuh dia, peningkatan indeks ketersediaan lapangan pekerjaan mengindikasikan bahwa kegiatan ekonomi di masyarakat mulai membaik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang terus diperkuat dengan peningkatan realisasi booster vaksinasi Covid-19.

Dijelaskan Cicilia, sejalan dengan membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, optimisme konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi ke depan juga terpantau menguat dibandingkan bulan sebelumnya. Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) Juni 2022 tercatat sebesar 158,17 meningkat dari 152,83 pada bulan sebelumnya.

“Optimisme IEK ditopang oleh peningkatan ekspektasi penghasilan, ekspektasi ketersediaan lapangan kerja dan ekspektasi kegiatan usaha,” tutupnya. (ned/lis)