Bilboysan Penuh Suka Cita dengan Single Terbaru ‘Summertime’

Artis hip-hop/pop Bilboysan akhirnya merilis single terbarunya berjudul 'Summetime'. (ist)

BACAMALANG.COM – Artis hip-hop/pop Bilboysan akhirnya merilis single terbarunya berjudul ‘Summetime’ untuk penyambut kedatangan tahun 2022, setelah pada 2021 lalu album perdananya ‘Butterflies’ dirilis.

Dalam lagu terbarunya ini, Bilboysan melanjutkan evolusi yang cemerlang dari musikalitasnya yang bernuansa pop R&B, dibesut oleh elemen-elemen yang riang dan didukung dengan anekdot-anekdot yang bersifat personal dan mendalam.

“Inspirasi yang terbesar untuk ‘Summertime’ adalah beat-nya. Menurut saya, ia memberikan suasana liburan musim panas yang membantu meringankan beban pikiran saya dan membawa saya pergi jauh dari kekerasan realita untuk have fun. Saya belum pernah mencoba untuk menulis lagu yang gembira, sehingga akhirnya kesempatan datang setelah mendengar beat tersebut,” ucap bilboysan.

Tentang Bilboysan

Bernama asli Billy Boy Santoso, penyanyi dan penulis lagu asal Indonesia berdarah Tionghoa dan Korea ini memulai karir musiknya saat ia tengah menimba ilmu di sebuah universitas di Sydney, Australia.

Saat Bilboysan mengalami kesulitan dalam menghadapi sebuah hubungan yang toxic, ia menemukan semangat yang mendalam untuk musik, yang membantunya untuk melarikan diri dari kerasnya kehidupan nyata.

Setelah diperkenalkan dengan new-school hip-hop dan rap di tahun 2018 oleh teman sekamarnya saat ia sedang melanjutkan studinya di Shanghai, bilboysan langsung jatuh cinta dengan bagaimana artis-artis dari genre tersebut mengekspresikan diri mereka. Banyak dipengaruhi oleh artis-artis seperti Post Malone, Juice Wrld, NAV, Migos, dan banyak lagi, bilboysan mulai menulis lagu-lagu pertamanya dengan harapan dapat jujur sepenuhnya dengan perasaannya serta menyampaikan perasaan tidak sendiri kepada pendengar musiknya.

Setelah dipertemukan dengan label rekaman All Good Music Indonesia, Bilboysan merilis single perdananya “CONFESSIONS” pada Hari Valentine 2020. Keharmonisan dan pertemanan yang tercipta oleh kedua belah pihak dalam pembuatan proyek pertama mendorong mereka untuk bekerja sama lagi dalam memproduksi dua single berikutnya oleh bilboysan yaitu “Whiskey on the Rocks” dan “Way Home”.

Kedua single tersebut menggerak Billy untuk terus berekspresi dan bereksperimen, sehingga pada akhirnya ia merilis album perdananya “Butterflies” di bulan November 2021 yang berisi 10 lagu. Langkah tersebut membuka banyak pintu bagi bilboysan, termasuk diundang menjadi bintang tamu dalam beberapa single dari artis-artis lokal seperti “I’ll be fine” oleh Sexy Goath dan “Lowkey” oleh Jesicca Janess yang akan dirilis dalam waktu dekat.

Pada saat ini, Bilboysan sedang terus belajar dan bereksperimen dengan musiknya. Lagu-lagunya yang akan datang banyak terpengaruh oleh musik-musik seperti jazz, lo-fi, Latin funk, dan pop ballad. Walaupun sebagian besar dari lagu-lagunya merupakan ekspresi dari perasaan, emosi, dan pengalaman pribadinya, bilboysan menambahkan sedikit humor dari liriknya yang merupakan caranya untuk mengingatkan para pendengar kalau meskipun hari esok dapat menjadi lebih baik, ia juga dapat menjadi lebih buruk. Yang terpenting, bilboysan sangat percaya dalam selalu berbahagia selama proses pembuatan musiknya dan untuk selalu bersyukur. (*/G)