Bincang Santai Media Mitra OJK Malang, Apa Saja Materinya?

Foto: Dari kiri: Motivator Aqua Dwipayana, Ketua PWI Malang Raya Ariful Huda, Penulis buku Surtya Burhanuddin dan Kepala OJK Malang Sugiarto Kasmuri dalam OJK Media Gathering OJK di Santika Hotel Malang, Kamis (5/11/2020). (ned)

BACAMALANG.COM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang menggelar Media Gathering dengan Tema “Harmoni Mewujudkan Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Perspektif Komunikasi”, Kamis (5/11/2020).

Acara ini cukup istimewa, karena menghadirkan tiga pembicara, mulai Aqua Dwipayana, Surya Burhanuddin serta Nurcholis Basyari. Pakar komunikasi Aqua Dwipayana membuka paparan dengan menyuguhkan konsep bagaimana merawat hubungan agar bisa berlangsung dalam jangka panjang. “Terapkan 3K, yakni Kredibel, Komitmen dan Konsisten,” ujarnya.

Mantan wartawan senior ini mengatakan, agar jangan pernah cepat puas, dan jangan pernah lupa dengan almamater. “Jika ada kesempatan meningkatkan pendidikan, maka gunakan, karena ada potensi diri dalam diri kita yang baru digunakan 70 persen,” papar penulis buku The Power of Silaturahim ini. Aqua menambahkan, potensi diri jika dimaksimalkan akan sukses, “Tapi jika sudah sukses jangan lupa diri,” tegasnya.

Motivator ini juga mengingatkan agar dalam bekerja sebaiknya menggunakan konteks komunikasi REACH plus AC. “Terdiri dari respect, empati, audible, clarity, humble. Plus action and concistency, dan yang penting adalah integritas, agar bisa jadi diri sendiri,” tandasnya.

Sementara Surya Burhanuddin menjelaskan tentang Matematika Tuhan. “Memberi itu lebih nikmat daripada menerima,” ujar motivator pensiunan Pusri ini. ‘Sudah ada uang itu di langit, dimana Tuhan tidak pernah membatasi rezeki yang kita inginkan, kecuali upaya kita sendiri yang membatasi, jadi jangan pernah berprasangka buruk kepada Tuhan,” urainya.

Surya mengatakan, bahwa proses tidak akan pernah mengkhianati hasil, sehingga optimisme sangat diperlukan dalam hal ini. Mengubah semua jadi rasa optimistis penting dalam meraih cita-cita. “Jadi pakailah peribahasa kendati pungguk rindukanlah bulan,” tutupnya.

Wartawan senior Nurcholis Basyari juga menegaskan pentingnya integritas bagi seorang jurnalis. “Integritas akan membuat persahabatan dengan narasumber menjadi tulus,” tandasnya.

Kepala OJK Malang Sugiarto Kasmuri berharap kegiatan ini dapat menginspirasi jurnalis, dapat bermanfaat dan memberi semangat baru dalam beraktivitas di masa pandemi ini.
“Agar kita tetap optimis di tengah keterbatasan di masa pandemi, karena selain prokes, kita juga harus harus bahagia agar imun meningkat,” pungkasnya. (ned)