Bupati Sanusi: Bukan Pejabat yang Bisa Basmi Covid-19, Tapi Masyarakat

Tangkapan layar halaman Facebook Abah Sanusi (ist)

BACAMALANG.COM – Bupati Malang, HM Sanusi kembali memberikan himbauan kepada masyarakat untuk bersama-sama menghentikan pandemi Coronavirus disease 2019 atau Covid-19.

Hal itu disampaikan melalui video yang diunggah pada halaman Facebook Abah Sanusi, Jumat (10/4/2020). Disitu, ada beberapa hal yang disampaikan Sanusi.

“Saya yakin Covid ini tidak bisa dikendalikan dan dibasmi oleh pejabat, tetapi yang bisa membasmi Covid ini adalah masyarakat sendiri,” ucap Sanusi.

Masih dalam video itu, Sanusi menyebut, pencegahan dari masyarakat merupakan upaya paling efektif dilakukan saat ini.

“Dengan mengorbankan diri tidak keluar rumah, itu salah satu penanganan Covid paling efektif adalah dari masyarakat dan untuk masyarakat sendiri,” terangnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Malang ini juga mengingatkan agar masyarakat tetap menjaga pola hidup sehat. Seperti salah satunya selalu mencuci tangan dengan sabun.

“Saya mengajak semua pihak menjalankan instruksi pemerintah pusat maupun langkah yang telah ditetapkan Pemerintah Kabupaten Malang. Dengan satu, tidak melakukan aktivitas di luar rumah, kalau terpaksa keluar rumah lakukan seefektif mungkin. Dua, tidak melakukan perjalanan keluar daerah, yang daerah itu pandemik atau zona merah Covid-19. Ketiga, jaga jarak satu meter secara fisik dan jaga jarak satu meter dalam komunikasi lingkungan sosial. Keempat, hindari berkumpul dalam kerumunan massa. Kelima, cuci tangan dengan sabun sesering mungkin,” katanya.

“Ini adalah upaya yang paling benar, upaya yang paling rasional, dan upaya minimal, baik untuk diterapkan sehingga diharapkan terjadi pemutusan mata rantai penularan Covid-19. Dengan bekal science of crisis yang mendalam, untuk kepentingan bersama, sebagai bagian dari masyarakat dan bangsa, kita semua dapat mengambil peran dalam memutus rantai penyebaran yang bisa tidak terkendali,” Sanusi mengakhiri. (mid/yog)