Bussiness Plan Competition, Berikut Para Pemenangnya

Caption : Peringatan Dies ke-50 UWG Malang, FEB Gelar Business Plan Competition. (ist)

Peringatan Dies ke-50 UWG Malang, FEB Gelar Business Plan Competition

BACAMALANG.COM – Sebagai salah satu rangkaian acara memeriahkan Dies Natalis Universitas Widyagama Malang yang ke-50 tahun Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen mengadakan lomba Bussines Plan Competition untuk pertama kalinya secara offline di Kampus 2 Universitas Widyagama Malang.

Kegiatan edukatif yang diadakan bulan Maret ini berlangsung lancar dan meriah serta tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Dengan mengusung tema : BiG BPC Be a Smartpreneur in Facing Challenges During Covid-19 Pandemic, dilaksanakan pada Minggu (21/3/ 2021) pukul 08.00 WIB – 13.00 WIB bertempat di Hall Stage Widyagama Lt 4 Universitas Widyagama Kota Malang.

Event BiG Business Plan Competition ini diikuti oleh 52 tim dari SMA/SMK/MA se-Indonesia yang berasal dari berbagai kota, seperti Malang, Banyuwangi, Bandung, Surabaya, Bondowoso, Lamongan, Ponorogo dan Pasuruan, yang sudah diseleksi oleh juri sehingga terdapat 5 tim yang lolos hingga pada tahap final. Yaitu dari MAN 2 Ponorogo, MAN 1 Lamongan, SMKN 1 Prajekan, SMAN 10 Malang, SMAK Santa Agnes Surabaya.

Kegiatan yang pertama adalah laporan tentang acara BiG BPC (Business Plan Competation) 2021 tingkat nasional SMA/SMK/MA sederajat yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana Hanif Rani Iswari SE., MM,.

BIG BPC 2021 diikuti oleh 52 tim dari SMA/SMAK dan sederajat yang tersebar dari seluruh penjuru Indonesia.

Setelah melalui beberapa tahap seleksi didapati 10 besar yang kali ini telah hadir 5 tim terbaik yang akan memperebutkan juara 1, 2, 3, harapan 1 dan 2.

“Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh undangan dan rombongan finalis yang telah mendukung dan meramaikan acara final BIG BPC hari ini. Semoga hingga nanti terpilihnya juara bisa berjalan dengan lancar,” urainya.

Acara kedua, sambutan dari Rektor Universitas Widyagama Malang Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST, MT yang menyampaikan bahwasanya acara HMJ Manajemen digelar sesuai program kerja dan protokol kesehatan.

Lomba BiG BPC adalah salah satu kegiatan Lomba pertama yang diselenggarakan oleh HMJ Manajemen.

“Ini merupakan sebuah acara yang sangat luar biasa yang patut diapresiasi karena ini merupakan acara lomba pertama HMJ Manajemen yaitu langsung tingkat nasional. Dengan kegiatan ini saya berharap kepada adik-adik SMA/SMK sederajat yang telah hadir pada pagi hari ini kalian adalah salah satu entepreneur atau calon pengusaha terpilih yang akan memperebutkan juara 1, 2, dan 2 serta harapan 1 dan 2. Semoga semua nantinya siapa saja pemenang juara 1, ini merupakan sebuah kompetisi dimana ada yang menang dan ada yang kalahm Jadi untuk anak-anakku jangan berkecil hati bilamana nanti bukan menjadi juara 1. Untuk itu saya berpesan siapapun nanti pemenangnya, baik yang menjadi juara atau yang tidak. Jadikan ini sebuah proses belajar untuk menjadi yang lebih baik di kemudian hari.

Berdasarkan keputusan dewan juri, diperoleh pemenang Juara Lomba BiG BPC tahun 2021 yaitu: SMAK Santa Agnes Surabaya dengan judul proposal : MURYO TECH SmartCCTV dan skornya 236,8.

MAN 1 Lamongan dengan judul proposal : Sarden Borandeng skornya 224,5. SMKN 1 Prajekan dengan judul proposal : Pemanfaatan Ikan barakuda sebagai bahan dasar sosis. Difortifikasi singkong dan daun kelor menjadi jajanan penambah gizi masyarakat pada masa pandemi COVID-19 dan skor nilai sebesar 219,3.

Juara Harapan diraih : SMAN 10 Malang dengan judul proposal : Minuman probiotik dari kulit nanas sebagai peningkat imunitas di masa pandemi, dan skor nilai sebesar 212,2. MAN 2 Ponorogo dengan judul proposal : WAGE (Wawangen) sebagai aromaterapi Alami dan skor nilainya sebesar 205,5.

Ekonomi dan bisnis merupakan suatu kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Karena ekonomi telah melekat menjadi kebutuhan semua orang sehingga sekarang banyak orang berlomba-lomba untuk meraih kesukesan.

Tujuan dari diadakannya lomba BiG BPC ini merupakan ajang untuk menumbuhkan jiwa-jiwa pengusaha muda karya anak bangsa yang akan mampu menjadi penggerak roda ekonomi di masa yang akan datang dengan suatu ide-ide baru dan trobosan teknologi baru. (tik/had)