Cegah Ancaman Radikalisme dan Terorisme, Kodim 0833/Kota Malang Gelar Silaturahmi dan Seminar Kebangsaan

Seminar Kebangsaan bertajuk "Meningkatkan Kesadaran dan Bela Negara Dalam Menangkal Paham Radikalisme dan Terorisme" di Kartini Imperial Building Kota Malang, Senin (27/6/2022). (ned)

BACAMALANG.COM – Kodim 0833/Kota Malang menggelar Seminar Kebangsaan di Kartini Imperial Building Kota Malang, Senin (27/6/2022). Acara bertajuk “Meningkatkan Kesadaran dan Bela Negara Dalam Menangkal Paham Radikalisme dan Terorisme” ini dihadiri ratusan peserta, yang terdiri dari berbagai komponen masyarakat.

Dandim 0833/Kota Malang Letkol Kav Heru Wibowo Sofa SH MHan mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan sebagai sarana silaturahmi dengan komponen masyarakat di wilayah Kodim 0833/Kota Malang, yang dikemas dalam bentuk Seminar Kebangsaan.

“Acara ini sebagai upaya mencegah ancaman radikalisme dan terorisme, sekaligus untuk menanamkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air terhadap masyarakat. Termasuk kelompok radikal dan eks Napiter guna mencegah ancaman radikalisme dan terorisme di Indonesia,” jelasnya.

Dandim berharap, melalui seminar kebangsaan ini dapat membuka wawasan pola pikir para eks napiter, para kelompok intoleran, radikal dan teror untuk merubah paradigma berfikirnya agar lebih mencintai dan menjiwai nilia-nilai Nasionalisme dalam bingkai NKRI.

Dandim 0833/Kota Malang Letkol Kav Heru Wibowo Sofa SH MHan saat memberi sambutan. (ned)

“Seminar kebangsaan ini juga menjadi sarana yang efektif untuk memelihara dan meningkatkan kebersamaan guna membangun komunikasi, sekaligus sebagai wahana untuk mewujudkan kebersamaan dan keeratan hubungan dengan seluruh komponen bangsa,” sambungnya.

Dikatakan pria asal Madura ini, kegiatan ini juga penting sebagai upaya penyampaian kebijakan pimpinan yang berkaitan dengan peran, tugas dan fungsi TNI dalam membantu pemerintah daerah untuk menciptakan pemberdayaan wilayah pertahanan negara aspek darat dalam menghadapi ancaman yang timbul.

“Sehingga dapat diperoleh kesamaan pandang dalam memahami setiap permasalahan yang terjadi untuk terpelihara keharmonisan dan sinergitas,” ujarnya.

acara yang dihadiri sejumlah pejabat serta berbagai organisasi masyarakat ini dibuka dengan penampilan Soegeng Rawoeh, grup musik yang menampilkan semangat kebangsaan dengan lagu-lagu bertema cinta tanah air serta Tari Topeng Malangan. (ned)