Cegah Terorisme, BNPT Gelar Konsolidasi dan Sosialisasi I-KHuB

Foto : BNPT lakukan sosialisasi I-KHub. (ist)

BACAMALANG.COM – BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) memperkenalkan platform Indonesia Knowledge Hub (I-KHub) sebagai platfom koordinasi dan konsolidasi sekaligus ruang berbagi data, informasi dan praktik baik pencegahan terorisme dan ekstrimisme kekerasan yang dilakukan oleh berbagai aktor baik pemerintah maupun masyarakat sipil.

“Sebagaimana disampaikan oleh Kepala BNPT, I-KHub dirancang sebagai pusat unggulan (center of excellent) dengan basis utama berbagi data. Kami yakin, melalui I-KHub ini upaya pencegahan terorisme dan ekstrimisme berbasis kekerasan akan semakin terkooordinasi dengan baik dan akan memberikan dampak signifikan terutama dengan format digital yang sesuai dengan kebutuhan saat ini” terang Kol (Inf) Kurniawan selaku Kasubdit Multilateral.

Seperti diketahui, BNPT menggelar konsolidasi di Surabaya melibatkan berbagai pihak terkait (stakeholder) 4-5 Maret 2021 yang dihadiri 20 perwakilan masyarakat sipil dan unsur pemerintah di Jawa Timur.

Perwakilan masyarakat sipil ini adalah organisasi dan individu yang selama ini aktif dalam advokasi korban terorisme, pendidikan toleransi, penelitian dan kajian keamanan masyarakat dan masih banyak lagi.

“Kegiatan di Surabaya adalah pertama dari 10 propinsi yang direncanakan. Konsolidasi pemangku kepentingan dalam isu terorisme dan ekstrimisme kekerasan serta sosialisasi I-KHub adalah implementasi dari upaya pemerintah memperkuat koordinasi pencegahan terorisme sebagaimana tertuang dalam Perpres No 7 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstrimisme berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme,” pungkasnya. (yus/had)