Class Parimaya Hadirkan Digital Marketing Lewat Blog dan SEO

Graha Nurdian saat paparan Digital Marketing di Class Parimaya di Ubud Hotel Malang, Selasa (27/4/2021). (ned)

BACAMALANG.COM – Saat ini hampir semua sektor di dunia bergerak secara digital. Alat, bahan maupun jasa dapat secara mudah didapatkan dengan satu klik saja di internet lewat mesin pencari (search engine).
Promosi merek atau produk ditawarkan lewat digital marketing, yakni secara online.

Salah satu elemen penting dalam digital marketing adalah Search Engine Optimization (SEO).
Hal ini diungkapkan Graha Nurdian, salah seorang freelancer Digital Marketing dalam Class Parimaya di Ubud Hotel Malang, Selasa (27/4/2021).

“Mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian Google adalah tujuan semua pemilik website, semakin tinggi peringkat di hasil pencarian Google, semakin banyak traffic website yang didapatkan,” ungkap Graha.

Menurut dia, bagi pemilik website, traffic tinggi artinya semakin banyak pengunjung yang bisa dikonversi menjadi leads atau konsumen. Namun tujuan tersebut tidak dapat dicapai hanya dengan merilis banyak konten tanpa optimasi, sebab halaman-halaman website tidak bisa naik ke peringkat teratas hasil pencarian dengan sendirinya.

Graha menjelaskan, diperlukan berbagai teknik SEO yang efektif agar website dapat naik peringkat di hasil pencarian Google. Data globalwebindex menunjukkan 49,7 persen pengguna internet di usia 16-64 tahun memakai mesin pencari untuk menemukan produk baru.

“Optimalisasi SEO penting karena saat ini semua orang masih memakai mesin pencari, sehingga SEO menjadi pondasi, kedua, kita akan mendapatkan targetted traffic, yakni pelanggan potensial sesuai produk dan terakhir sebagai investasi marketing manfaatnya long term,” paparnya.

Graha memilih blog sebagai rujukan utama dalam SEO.
“Karena blog lebih dinamis daripada website, laelain itu blog juga lebih dipercaya pembaca dan ROI lebih baik daripada kanal lainnya,” jelas pria yang mulai aktif menjadi blogger sejak tahun 2008 ini.

Selain itu, imbuhnya, manfaat blog untuk bisnis lebih percaya pembaca karena cenderung personal, sehingga keputusan membeli dari trust yang terbentuk, yang tentunya meningkatkan Brand Awarness.
Dia memaparkan, optimisasi SEO ada yang secara on page yakni lewat kata kunci, kualitas konten, tautan internal maupun off page, yaitu backlink, salah satunya. “Tapi akan lebih baik jika sebuah website dilengkapi dengan blog sebagai backlink,” tegasnya.

Ketua Parimaya Hendri Wijaya mengatakan, Class Parimaya bertajuk Targeted Traffic With Blog &SEO kali ini sengaja dihadirkan karena sangat berhubungan erat dengan dunia marketing. “Apalagi kami yang berkecimpung di bidang perhotelan maupun travel, materi ini sangat pas, khususnya di masa pandemi yang hampir semua promosi hingga transaksi sudah lewat digital,” tandasnya. (ned)