CreativesIDEA, Bantu Pelaku UMKM Hasilkan Foto Produk Berdaya Jual Tinggi

Foto: Proses pemotretan produk UMKM di studio fotografer creativesIDEA (dok. ist)

BACAMALANG.COM – Pelaku UMKM dalam menghadapi masa pandemi seperti saat ini, masih terus berjuang untuk dapat eksis, meskipun satu persatu diantaranya memilih untuk gulung tikar. Hal tersebut menjadi pemicu Lalu Mahendra sebagai Founder Obeecreatives Visual Maker. Ia pun menginisiasi program bernama CreativesIDEA yang berkolaborasi dengan EJSC Bakorwil Malang serta didukung penuh oleh MJC (Millenial Job Center) Provinsi Jawa Timur.

“Peran MJC disini adalah mewadahai para teman-teman freelancer yang nantinya
akan diberikan project dari dinas terkait maupun pihak swasta, yang di dalamnya terbentuk ekosistem dari seorang talenta yang nantinya di Mentorin hingga skill mereka upgrade. Selanjutnya dipertemukan dengan para klien yang akan menerima project” ungkap Andhi Prasetyo, Advisor EJSC Bakorwil Malang.

Menurut pria yang akrab dipanggil Mas Bandi ini, MJC merupakan bentuk program
kerja dari Pemprov Jatim yang pelaksanaan di lapangan mendapat arahan dari Wagub Jatim Emil Dardak.

CreativesIDEA sendiri, lanjut dia, beranggotakan 11 Fotografer professional dan juga merupakan para talenta MJC Jatim yang tergabung dalam area wilayah kerja EJSC Bakorwil Malang.

Founder Obeecreatives Visual Maker, Lalu Mahendra sebagai inisiator program ini menjelaskan bahwa program ini merupakan langkah sinergi. “Sebelas Fotografer yang terlibat adalah fotografer dan konten kreator professional. Mereka telah terlibat dalam banyak project, baik swasta maupun pemerintah” ujarnya.

Ia melanjutkan, adanya pandemi memang telah memberi dampak yang sangat signifikan terhadap bisnis UMKM. Dampak terbesar adalah melemahnya daya beli masayarakat. Pelemahan daya beli tersebut berpengaruh secara langsung terhadap penjualan produk-produk UMKM. Penurunan omzet bahkan mencapai 80% sehingga sebagian sampai terpaksa harus menutup usahanya.

Disisi lain, situasi ini juga dijadikan sebagai semangat dalam mendorong perekonomian UMKM. Banyak hal produktif yang bisa dilakukan untuk menyiasati situasi ini, salah satunya dengan program creativesIDEA yang memiliki kegiatan foto produk sebagai konten marketing.

“Kami mendukung penuh program ini dengan memfasilitasi ruang di EJSC untuk mereka. Para fotografer memanfaatkan menjadi sebuah studio mini untuk memotret produk UMKM, sehingga produk – produk tersebut di foto secara professional dan memiliki konsep yang menarik untuk dipasarkan melalui sosial media,” terang Mas Bandi.

Selanjutnya, program ini masih dalam pembukaan tahap yang pertama dan sudah berjalan sejak pertengahan Juli 2021. Antusiasme dari masyarakat sangat tinggi, dikarenakan baru 7 jam diluncurkan slot yang disediakan langsung penuh dan hal tersebut membuat panitia untuk menambah slot peserta.

Teknis program ini, jelas dia, sudah diatur menyesuaikan kebijakan PPKM. UMKM yang terpilih mengikut program ini diarahkan untuk mengirimkan produknya ke pos-pos yang sudah di tetapkan. Terdapat 5 pos yang sudah disiapkan, yakni Kepanjen, Turen, Kota Malang, Singosari dan Kota Batu.

“Bentuk dukungan ini merupakan concern kami EJSC sebagai ruang kolaborasi kreatif yang bisa menampung serta menginisiasi ide–ide kreatif teman-teman kreatif di Malang Raya,” pungkas Bandi. (why)