Dampak Melemahnya Nilai Tukar Rupiah Terhadap Perdagangan Indonesia

ist

Di tahun 2020 awal terjadinya pandemi covid 19 bulan Maret terjadi lonjakan kurs rupiah terhadap Dollar berkisar 16.600 dari sebelumnya kisaran 14.200 rupiah per USD ini berdampak pada usaha usaha terutama yang bahan bakunya import seperti chemical, manufaktoring otomotif dan permesinan

Dari dampak kenaikkan nilai tukar rupiah terhadap dollar ini juga mempengaruhi transportasi yang tentunya akan berdampak ke kenaikan semua harga di pasaran yang tentunya akan berdampak pada daya beli masyarakat yang menurun dan nilai ekspor Indonesia berkurang . Tapi ada beberapa usaha yang justru baik dengan adanya kondisi ini . contoh perusahaan yang berorientasi ekspor dengan bahan olahan lokal. Contoh pabrik pengalengan ikan, kerajinan tangan batik atau barang barang souvenir. Yang hasil produksinya di ekspor

Data diatas menunjukkan bahwa adanya hubungan dari Nilai Tukar Rupiah terhadap perdagangan di Indonesia. Sehingga ada beberapa usaha secara tidak langsung juga mengurangi produksi yang akhirnya juga mengurangi pekerja, dari langkah yang diambil perusahaan tersebut berdampak juga terhadap sosial ekonomi yang lain. Seperti Nilai pengangguran bertambah, angka kemiskinan naik, dan angka kriminalitas naik.

Jadi apa yang diharapkan dari keadaan ini agar cepat normal tentunya berharap adanya campur tangan pemerintah untuk :
1. Intervensi rupiah agar stabil.
2. Mempermudah pinjam modal bagi usaha usaha yang berorientasi ekspor.
3. Memberikan kemudahan dalam hal perijinan dan keringanan pajak.

Untuk usaha yang berbahan baku import setidaknya melakukan perubahan material pengganti ke produk lokal. Melakukan inovasi energi   yang bertujuan untuk mengurangi biaya produksi. Menghindari PHK massal karena akan berdampak sosial dan akan menjadi beban masyarakat dan pemerintah.

Setelah adanya itervensi pemerintah terhadap nilai tukar rupiah dengan memakai cadangan devisa negara dan beberapa kebijakan yang berdampak terhadap nilai tukar rupiah, Sehingga ditahun 2021 nilai tukar rupiah diangka rata-rata 14.300. Ada peningkatan di nilai perdagangan ekspor dan stabilnya ekonomi dalam negeri, seperti yang terlihat data dibawah ini.

*) Penulis : Ayuni Sabrina Zanuharsh, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang.

*)Tulisan ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi BacaMalang.com