Dewan Segera Panggil Dispora dan Pelaksana Proyek Lapangan Voli Pantai

Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Malang, Fathur Rohman (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Malang bakal memanggil Dinas Pemuda dan Olahraga serta pelaksana proyek lapangan voli pantai yang dibangun di kompleks Stadion Kanjuruhan, Kota Kepanjen.

Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Malang, Fathur Rohman menyampaikan, pemanggilan tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Kita akan klarifikasi dalam waktu dekat. Kita akan panggil keduanya,” ujar Rohman, Rabu (30/12/2020).

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menambahkan, pemanggilan tersebut berkaitan dengan proses pengerjaan lapangan voli pantai. Apakah sudah sesuai dengan regulasi yang berlaku.

“Apakah ada AMDAL-nya atau tidak nanti kita akan tahu,” ungkap Rohman.

Diberitakan sebelumnya, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia atau WALHI Jawa Timur menduga, ada regulasi yang ditabrak pada proyek pembangunan lapangan voli pantai tersebut. Hal ini diterangkan Manajer Kampanye WALHI Jatim, Wahyu Eka Setyawan.

“Kalau mengacu pada konteks ekosistem. Jelas akan berpengaruh pada ekosistem. Mengacu pada Keputusan Presiden nomer 33 tahun 2002. Bahwasanya pasir laut ini kan sumberdaya yang tidak bisa diperbarui. Dalam hal itu memang ada aturan ketat yang mengaturnya. Maka penambangan pasir laut, itu tidak boleh dilakukan secara ilegal. Artinya dia harus melihat dulu, pertama tata ruangnya, kedua daya dukung lingkungannya, dan ketiga bicara aturan-aturan. Misal kita bicara soal aturan lingkungannya seperti apa. Kalau bicara soal proyek itu maka, apakah mereka mempunyai izin lingkungan? Kalau izin lingkungan kita berkaca pada Pasal 36 ayat 1 Undang-undang 32 tahun 2009 tentang pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup. Kita lihat disitu, kalau dari secara skala-skala, izin lingkungan hidup apa ada?,” ujar Wahyu, dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (19/12/2020). (mid/yog)