Dibalik Kisah Penyembuhan Penyintas Covid-19 di Kabupaten Malang

Salah seorang warga Kabupaten Malang yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 sedang melakukan panggilan video dengan Bupati Malang di Pendopo Agung Kabupaten Malang (ist)

BACAMALANG.COM – Empat warga Kabupaten Malang yang sebelumnya dinyatakan positif Coronavirus disease 2019 atau Covid-19 kini akhirnya bisa bernafas lega.

Keempat warga tersebut kini sudah dinyatakan negatif Covid-19 dan telah di pulangkan ke kediamannya. Tiga dari empat orang tersebut merupakan satu keluarga.

Mereka dinyatakan negatif Covid-19 setelah menjalani perawatan dan serangkaian tes swab. Ada kunci utama yang membuat keempat orang tersebut mampu melawan virus mematikan tersebut.

Plt Direktur Utama Rumah Sakit Daerah atau RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang, dr Dian Suprojo membeberkan kisah dibalik proses penyembuhan keempat orang tersebut.

“Tim medis terus memberikan penjelasan dan motivasi kepada pasien tersebut. Sehingga mereka legowo dan bersemangat untuk sembuh,” kata Dian, Selasa (7/4/2020).

Dian pun menyebutkan, para penyintas Covid-19 tersebut pada awalnya memang cukup syok. Namun secara perlahan, berkat bantuan dari tim medis, kondisi penyintas Covid-19 itu berangsur membaik.

“Mereka sempat kaget dan sempat stres ketika dirawat di RSUD Kanjuruhan. Suasana di RSUD kami buat senyaman mungkin, apa yang mereka inginkan kami penuhi. Malahan mereka minta yang sehat-sehat seperti buah dan air hangat, selalu itu,” tuturnya.

Tidak kurang dari dua pekan, para penyintas Covid-19 tersebut menjalani perawatan di RSUD Kanjuruhan hingga akhirnya dinyatakan negatif. “Mereka sudah sembuh dan kemarin sudah kami bawa pulang ke kediamannya,” Dian mengakhiri.

Sebagai informasi, awalnya ada lima warga Kabupaten Malang yang dinyatakan Covid-19. Rinciannya, satu orang telah meninggal dunia. Sedangkan empat lainnya, menjalani perawatan dan berhasil dinyatakan negatif.

Saat ini, meskipun baru saja ada empat warga yang dinyatakan negatif, ada tambahan lagi sebanyak lima orang yang dinyatakan positif Covid-19. (mid/yog)