Digelar 24 Jam, Ini Rangkaian Acara Resepsi Satu Abad NU di Sidoarjo

Wasekjen PBNU, H Rahmat Hidayat Pulungan (tengah) saat memaparkan teknis pelaksanaan acara Resepsi Puncak 1 Abad NU. (ist)

BACAMALANG.COM – Panitia Resepsi Puncak Peringatan 1 Abad NU, menggelar silaturahmi bersama Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf baru-baru ini.

Acara ini dihadiri oleh Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia (RI) H Yaqut Cholil Qoumas, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBNU Saifullah Yusuf, dan Bupati Sidoarjo H Ahmad Muhdlor Ali. Tampak hadir pula Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) se-Jawa Timur serta segenap jajaran panitia.

Terdapat sejumlah agenda yang dibahas dalam pertemuan tersebut, diantaranya adalah pemaparan rundown atau rangkaian acara terkini yang disampaikan oleh H Rahmat Hidayat Pulungan selaku juru bicara panitia Resepsi Puncak 1 Abad NU.

“Acara ini nantinya akan berlangsung 24 jam dan secara sederhananya kita bagi menjadi lima segmen. Pertama adalah segmen ritual NU sesuai adat, kita mulai jam 12 malam sampai jam 7.30 pagi. Segmen ini rundownnya terus berkembang, Alhamdulillah semakin banyak masukan semakin bagus,” papar Gus Rahmat, sapaan akrabnya.

Secara teknis, banyak kegiatan di segmen ritual NU yang akan dipusatkan di panggung parkir timur Stadion Gelora Delta pada tanggal 07 Februari 2023 nanti. Mulai dari Lailatul Qiroah pukul 00.00-04.00 WIB yang akan dihadiri Habib Syech Said Agil Munawar, kemudian pembacaan Manaqib Syech Abdul Qodir Jaelani dipimpin oleh Maulana Syech As-Syarif Prof DR Muhammad Fadhil Al Jilani.

“Dilanjutkan dengan Qiyamul Lail, pembacaan Rotib Al-Attas dan Asmaul Husna yang akan dipimpin oleh KHR Ahmad Azaim Ibrahmy dan Al Habib Lutfi bin Ahmad Al-Attas. Berikutnya ada ijazah kubro oleh Al Habib Muhammad Luthfi bin Yahya, segmen ini berakhir dengan Shalat Shubuh berjamaah dipimpin oleh KH Hasanuddin Sinaga,” pungkasnya. (*/had)