DIGIFES BI NGALAM 2022 Resmi Ditutup, Bank Indonesia Malang Launching Pasar S.I.A.P QRIS

Launching Pasar dan Pusat Perbelanjaan /Mall S.I.A.P (Sehat, Inovatif dan Aman Pakai) QRIS 2022 di Matos, Minggu (12/6/2022). (ist)

BACAMALANG.COM – Kegiatan Digital Festival Bank Indonesia Malang (DIGIFES BI NGALAM) 2022 resmi ditutup oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang Samsun Hadi, Minggu (12/6/2022).

Closing ceremony ini juga diisi sambutan dari anggota Komisi XI DPR RI Ir. Andreas Eddy Susetyo M.M., Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji, serta Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Bandoe Widiarto.

Selain itu digelar pula sebuah agenda strategis Launching Pasar dan Pusat Perbelanjaan/Mall S.I.A.P (Sehat, Inovatif dan Aman Pakai) QRIS 2022.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang Samsun Hadi menyampaikan pasar ini meliputi Pasar Bunulrejo, Pasar Dinoyo, Pasar Kepanjen, serta Pusat Perbelanjaan/Mall Malang Town Square (Matos).

“Seluruh rangkaian kegiatan DIGIFES BI NGALAM 2022 ini merupakan bentuk sinergi dari digitalisasi sistem pembayaran yang bertujuan untuk mengakselerasi ekonomi-keuangan digital nasional sebagai pendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” paparnya.

Dijelaskan Samsun Hadi, melalui sinergi yang melibatkan baik sejumlah mitra utama maupun mitra pendukung ini adalah untuk mewujudkan semangat “Recover Together, Recover Stronger” serta mendukung gerakan #UMKMgodigital_goglobal.

Kegiatan DIGIFES BI NGALAM 2022 yang mengusung tema  “Sinergi dan Bangkit Bersama Dukung Akselerasi Pemulihan EKonomi Melalui Digitalisasi”, berlangsung selama 5 (lima) hari sejak 8- 12 Juni 2022 di Grand Hall, Malang Town Square (Matos) Malang.

Berbagai acara menarik disuguhkan dalam kegiatan ini, mulai dari pameran produk unggulan UMKM binaan dan mitra Bank Indonesia Malang, bedah buku, fashion show, talkshow, hingga berbagai macam lomba menarik. Seperti talkshow dengan narasumber artis Cinta Laura Kiehl, yang mengajak para milenial untuk mengembangkan bisnis dan mengenal pembayaran digital lewat QRIS. Ada pula Capacity Building UMKM, yang  merupakan salah satu betuk fasilitasi untuk meningkatkan kapasitas UMKM binaan dan mitra KPw BI Malang melalui penyampaian materi oleh beberapa narasumber, seperti founder Malang Fashion Week Agus Sunandar dengan pemaparan terkait “Meneropong Trend Fashion saat Digitalisasi dan Masa Endemi”.

Owner bisnis Eva Unique, Eva juga memberikan materi terkait “Mendukung Sustainable Fashion Melalui Recycle Aksesoris”, serta pemaparan materi dari Bank Indonesia Malang terkait “Manfaat Digitalisasi Pembayaran Bagi UMKM Melalui QRIS”.

Samsun Hadi menambahkan, digelar pula kegiatan Business Matching, yang merupakan salah satu fasilitasi perluasan akses pasar serta meningkatkan aspek permodalan dengan mempertemukan UMKM kepada perbankan sehingga tercipta kesepakatan pembiayaan. “Terdapat beberapa perbankan yang turut berpartisipasi, diantaranya adalah BCA, BRI, serta Bank Jatim,” ujarnya.

Closing Ceremony ini dimeriahkan penampilan para pemenang lomba DIGIFES Idol serta ditutup dengan pengumuman juara dan penyerahan hadiah kepada pemenang dari berbagai lomba yang telah diselenggarakan sebelumnya, seperti lomba stand UMKM terbaik dalam kegiatan pameran. (ned/lis)