Dinahkodai AKBP Yade Setiawan Ujung, Ini Segudang Prestasi Polres Malang

Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung usai menerima penghargaan WBBM dari Kemenpan RB (ist)

BACAMALANG.COM – Tiga tahun lebih AKBP Yade Setiawan Ujung S.H., S.I.K., M.Si menjabat sebagai Kapolres Malang. Selama dibawah tampuk kepemimpinannya, Polres Malang berhasil meraih segudang prestasi prestisius.

Kini, Kapolres yang dikenal dekat dengan ulama dan semua kalangan masyarakat itu harus pergi mengemban tugas baru. Ujung, begitu dia akrab disapa, bakal menempati jabatan baru sebagai Wakapolrestabes Bandung.

Berdasarkan surat telegram Kapolri nomor ST/388/II/KEP./2020 tanggal 3 Februari 2020, AKBP Yade Setiawan Ujung bakal digantikan oleh AKBP Hendri Umar. Hendri sebelumnya menjabat sebagai Kasubbagbungkol Spripim Kapolri.

“Selama masa kepemimpinan pak Ujung, Polres Malang banyak perubahan, baik itu dalam pembangunan maupun inovasi-inovasi program yang manfaatnya. Bukan cuma dirasakan oleh anggota Polres Malang tetapi juga oleh warga masyarakat Kabupaten Malang,” ujar Kasubbag Humas Polres Malang, Ipda Nining Kusumawati, Rabu (5/2/2020).

Nining pun berharap, pria peraih Bintang Tri Sakti Wiratama Emas itu dapat mengemban amanah pada jabatan barunya.

“Harapan kami pak Ujung bisa amanah pada jabatan yang baru semakin sukses karirnya dan suatu saat bisa kembali berdinas ke Polda Jatim dengan pangkat dan jabatan yang baru,” terangnya.

Melihat kembali sepak terjangnya sejak menjabat mulai November 2016, Ujung sudah berhasil membuktikan bahwa dirinya mampu memimpin Polres Malang. Program 77 Unggul yang dicanangkannya sebagai jabaran teknis Program Promoter Kapolri, mampu membawa Polres Malang ke arah yang lebih baik.

Meskipun saat awal menjabat Ujung sudah dihadapkan dengan masalah 17 tahanan kabur, namun hal itu dengan cepat dibereskan kurang dari dua pekan.

Pada September 2017, Ujung diganjar penghargaan dari Bupati Malang saat itu, Rendra Kresna, lantaran dianggap mampu menjaga keamanan dan kondusifitas. Selang satu bulan atau tepatnya Desember, Polres Malang dibawah kepemimpinan Ujung mendapatkan penghargaan dari KPPN atas kinerja pengelolaan DIPA terbaik lebih dari 120 M dengan kategori A.

Awal tahun 2018, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memberikan penghargaan kepada Polres Malang atas pelayanan publik dengan predikat Sangat Baik. Di Mei 2018, Kapolri yang menjabat saat itu, Jenderal Tito Karnavian memberikan penghargaan kepada Polres Malang sebagai Satgas Nusantara Terbaik di bawah kepemimpinan AKBP Yade Setiawan Ujung.

Masih di tahun tersebut, Polres Malang juga berhasil mendapatkan predikat prestisius Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Masuk tahun 2019 bisa dibilang menjadi tahunnya Polres Malang. Polres Malang berhasil meraih penghargaan Satker Terbaik dalam Pengelolaan Anggaran Dipa 2019 dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Negara Provinsi Jawa Timur.

Kemudian, Kapolres Malang meraih Promoter Award sebagai Kapolres Teladan dari Lemkapi. Selanjutnya pada November 2019, Polres Malang juga sukses meraih penghargaan pelayanan publik nilai tertinggi yaitu A kategori Pelayanan Prima.

Puncaknya, Ujung membawa Polres Malang meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Menpan RB pada Desember 2019 lalu.

Penulis: Dhimas Fikri