Dinas Kelautan Jatim dan Balai KIPM Surabaya Bantu Korban Gempa

Caption : Dinas Kelautan Jatim dan Balai KIPM Surabaya Bantu Korban Gempa. (ist)

BACAMALANG.COM – Gempa sebesar 6,1 skala ritcher (SR) yang melanda Malang, Jawa Timur pada Sabtu 10 April, membuat 1.189 rumah mengalami kerusakan, dengan kategori rusak ringan hingga berat. Rinciannya, rumah rusak berat (RB) 85 unit, rusak sedang (RS) 250 dan rusak ringan (RR) 854.

Bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (Balai KIPM) Surabaya II menyerahkan bantuan 2 ton ikan beku untuk korban terdampak gempa. Bantuan tersebut diserahkan kepada Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur yang memiliki Posko penanganan tanggap darurat bencana gempa bumi Malang.

“Kita bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim Mohammad menyerahkan ikan jenis sardin sebanyak 2 ton untuk dikonsumsi korban gempa bumi,” kata Kepala Balai KIPM Surabaya II, Hasim.

Hasim menambahkan, bantuan ini kemudian didistribusikan ke lima lokasi posko penanganan bencana yaitu posko Desa Sumber Tangkil, Kecamatan Tirtoyudo sebanyak 400
kg, Posko Kantor Kecamatan Tirtoyudo 400 kg, posko desa Patemon, Kecamatan Dampit 400 kg, posko MAN Turen 300 kg dan posko Desa Kaliuling Kec. Tempursari, Lumajang 500 kg. Posko tersebut juga merupakan dapur umum yang setiap hari memasak kebutuhan makanan bagi korban terdampak gempa bumi.

“Semoga bantuan ini bisa meringankan kebutuhan protein mereka, terutama ini kan juga bulan puasa, momen kita berbagi untuk sesama,” tandasnya. (*/had)